Tak Berkategori

Dukung Gerakan ‘Rabu Putih’, GP Ansor Kalsel Percaya Kinerja Polri Amankan TPS

apahabar.com, BANJARMASIN – Pengurus Wilayah GP Ansor Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung penuh Gerakan ‘Rabu Putih’ yang…

Featured-Image
Ketua GP Ansor Kalsel, Teddy SuryanaFoto-istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Pengurus Wilayah GP Ansor Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung penuh Gerakan ‘Rabu Putih’ yang diprogramkan oleh salah satu Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf di Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang.

“Kita sepakat telah mendeklarasikan gerakan Rabu Putih tersebut,” Ucap Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor Kalimantan Selatan (Kalsel), Teddy Suryana kepadabakabar.com, Minggu (7/4/2019).

Deklarasi itu, kata dia, seiring dengan maraknya berita hoax, fitnah dan ujaran kebencian yang mewarnai kontestasi politik dalam beberapa bulan terakhir. Terkhusus isu yang tersebar di media sosial.

“Seperti halnya isu akan terjadi kerusuhan dan intimidasi dari kelompok tertentu pada Pemilu 2019 nanti,” jelasnya.

Baca Juga: Hanya 6 Parpol Setor Nama Saksi untuk TPS

Menurutnya, terdapat beberapa poin deklarasi ‘Rabu Putih’ yang akan dilakukan oleh PW GP Ansor Kalsel. Pertama, pihaknya memandang fenomena maraknya hoax, fitnah dan ujaran kebencian telah mengakibatkan masyarakat terbelah. Kemudian, mulai timbul rasa saling tidak percaya di tengah masyarakat.

“Jadi apabila hal demikian dibiarkan terus berlangsung, maka akan merusak kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Kedua, PW GP Ansor Kalimantan Selatan mengajak masyarakat Indonesia memerangi hoax fitnah dan ujaran kebencian serta menciptakan kesejukan dalam pemungutan suara Pemilu 2019.

Ketiga, PW GP Ansor Kalimantan Selatan meminta masyarakat tidak mempercayai isu akan adanya kerusuhan menjelang, saat, dan pasca Pemilu 2019 serta tidak perlu khawatir akan adanya intimidasi dari kelompok tertentu.

Keempat, PW GP Ansor Kalimantan Selatan mendorong sekaligus percaya terhadap Polri dibantu TNI bertindak profesional dalam menjamin stabilitas politik dan keamanan Pemilu 2019.

“Oleh karena itu, masyarakat diimbau tidak perlu ragu menggunakan hak pilih pada 17 April 2019 mendatang,” katanya.

Kelima, PW GP Ansor Kalimantan Selatan siap melaksanakan instruksi Pimpinan Pusat GP Ansor untuk membantu Polri dan TNI mengamankan situasi hari pemungutan suara dan penghitungan suara di seluruh TPS.

Keenam, ujar dia, demi mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan demokratis, PW GP Ansor Kalimantan Selatan mendeklarasikan gerakan ‘Rabu Putih’ yaitu sebuah gerakan masyarakat yang bertujuan memaksimalkan tingkat partisipasi pemilih Indonesia untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya secara bebas dan nyaman tanpa rasa takut atau merasa terintimidasi oleh kelompok manapun.

Baca Juga: Satlinmas dan Petugas Ketertiban Dibekali Langkah Pengamanan di TPS

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner