Tak Berkategori

Simak Penjelasan Manajemen Terkait Bunyi Ledakan dari UPPP Barito

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepulan asap hitam pekat tampak membumbung tinggi dari dalam Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan…

Featured-Image
Asap tebal yang menjulang di langit kawasan Jalan IR PHM Noor, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Foto-Ist

bakabar.com, BANJARMASIN – Kepulan asap hitam pekat tampak membumbung tinggi dari dalam Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPPP) Barito, Jalan Ir PHM Noor, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kamis (21/3) siang.

Kondisi itu, spontan membuat sejumlah petugas dari berbagai Pemadam Kebakaran (Damkar) pun terjun ke lokasi guna mencari tahu sumber dari kepulan asap.

Namun niat baik mereka sirna, usai mendengarkan jawaban dari petugas UPPP Barito bahwa kejadian tersebut hanya simulasi evakuasi bencana kebakaran.

“Ini hanya simulasi dalam menangani kebakaran dan melihat bentuk kesiapan petugas Damkar. Ternyata mereka siaga dalam kondisi seperti ini,” ujar Komandan Petugas Keamanan UPPP Barito, Bambang kepada bakabar.com.

Baca Juga: Duarrr! Suara Ledakan Disusul Asap Hitam dari Dalam UPPP Barito

Tak hanya Damkar yang dibuat geram oleh simulasi tanggap bencana kebakaran yang dilaksanakan UPPP Barito tersebut.

Warga Komplek Simpang Jagung, Gang Damai juga panik. Lantaran jarak antara UPPP Barito dan permukiman puluhan warga hanya sebatas tembok.

“Kami minta maaf apabila simulasi ini membuat petugas Damkar dan warga panik,” terang Bambang menyampaikan permohonan maaf kepada warga yang terdampak.

Bambang menerangkan bahwa simulasi penanganan kebakaran yang dilaksanakan pihaknya hanya bersifat internal.

Artinya tidak melibatkan ratusan personel gabungan baik dari Damkar, Dinas Perhubungan, Linmas atau Satpol PP.

“Simulasi tanggap bencana kebakaran bersifat internal. Makanya tidak ada pemberitahuan terlebih dulu kepada warga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin Muhammad Hilmi mengatakan bahwa simulasi bencana kebakaran harus berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan.

Seperti pemberitahuan kepada warga sekitar bahwa saat waktu yang telah ditentukan akan menggelar simulasi bencana kebakaran.

Tujuannya supaya agar warga tidak terkejut apabila melihat asap tebal yang menjulang di langit.

Baca Juga: Akhir Pekan Ini, PLN akan Padamkan Aliran Listrik Seluruh Wilayah HSU

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz F



Komentar
Banner
Banner