Tak Berkategori

Libatkan Ratusan Relawan, Surat Suara di Tanbu Mulai Dilipat Hari Ini

apahabar.com, BATULICIN – Ratusan relawan dilibatkan dalam perlipatan 1.209.915 surat suara Pemilu 2019 di Kabupaten Tanah…

Featured-Image
Proses melipat surat suara di gedung bulu tangkis Polres Tanbu. Foto-Dok. KPU Tanbu

bakabar.com, BATULICIN – Ratusan relawan dilibatkan dalam perlipatan 1.209.915 surat suara Pemilu 2019 di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Dari pantauan apahabar,com, perlipatan surat suara di gedung bulu tangkis Polres Tanbu, Kamis (21/3) melibatkan 120 relawan.

“Proses perlipatan dimulai hari ini. Targetnya 10 hari selesai,” ujar Ketua KPU Tanbu, Makhruri, kepada bakabar.com.

Baca Juga: Laporan Pertanggungjawaban Gubernur Kalsel 2018 Banyak Kursi Kosong

Namun, proses perlipatan surat suara juga bisa selesai lebih cepat. Apalagi, KPU masih akan menambah relawan dari kalangan pelajar sebanyak 80 orang.

“Kalau hari ini sampai malam surat suara Pilpres selesai semua, lalu besok pelipatan surat suara DPD bisa selesai setengah hari, dan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu relawannya tetap berjumlah 200 orang, kemungkinan sebelum 10 hari sudah selesai,” jelasnya.

Makhruri menjelaskan, KPU Tanbu membayar relawan per surat suara yang dilipat. Untuk surat suara DPR, relawan dibayar Rp100 per satu kali melipat surat suara.

Untuk surat suara DPD dibayar Rp75. Lalu, surat suara presiden dan wakil presiden dibayar paling rendah yakni Rp50.

“Semuanya dipotong pajak 6 persen,” katanya.

Surat suara Pemilu 2019 tiba di Tanbu pada Rabu (20/3) pagi. Jutaan surat suara itu diangkut menggunakan dua kontainer via jalan darat dari Banjarmasin ke Batulicin. Sebelumnya, surat suara itu dikirim dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Baca Juga:Genset Terbakar Penyebab Duta Mall Banjarmasin Padam Listrik

Reporter: Puja Mandela
Editor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner