Tak Berkategori

Korban Kebakaran di Jalan Veteran Butuh Pasokan Makanan

apahabar.com, BANJARMASIN – Korban kebakaran di Jalan Veteran, Gang Baru, RT 25 dan RT 26, Kelurahan…

Featured-Image

bakabar.com, BANJARMASIN – Korban kebakaran di Jalan Veteran, Gang Baru, RT 25 dan RT 26, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur pada Sabtu (23/3) malam, kehilangan tempat tinggal setelah rumah mereka hangus terbakar.

Lurah Kuripan, H. Rusdianah ?mengatakan, warga yang terdampak kebakaran saat ini sangat membutuhkan bantuan makanan, dan sejumlah perlengkapan lainnya.?

“Untuk bantuan yang masih dibutuhkan itu pasokan bahan makanan. Kalau untuk bantuan seperti pakaian maupun tempat tinggal alhamdulilah telah mencukupi,” ujar H. Rusdianah saat berbincang dengan bakabar.com di lokasi kebakaran, Minggu (24/3) pagi.

Sedangkan, kebutuhan yang diperlukan lainnya, dan sangat mendesak adalah peralatan dan seragam sekolah. Dalam waktu dekat terdapat beberapa anak yang akan bersekolah kembali.

"Banyak anak sekolah yang turut jadi korban kebakaran. Ini juga sedang kita upayakan," ucapnya.

Pantauan bakabar.com di Gang Baru, tampak sejumlah korban kebakaran mengamati puing-puing bekas kebakaran di rumah mereka.

Tak luput juga warga masyarakat Banjarmasin yang turut menyaksikan lokasi kejadian.

Sementara warga lainnya masih bergotong-royong membersihkan puing-puing bangunan yang sudah tidak terpakai.

Sesekali, warga juga mencoba menyelamatkan barang-barang yang masih bisa dipakai seperti, galon air dan alat elektronik.

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin mencatat ada 10 rumah di dua RT, yakni RT 25 dan RT 26, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur. Rinciannya, enam rumah terbakar 100 persen, dua rumah rusak berat dan, dua buah mengalami rusak ringan.

Baca Juga: Efek Kebakaran, Kawasan Veteran Padat Merayap

"Taksiran kerugian Rp 1,1 miliar," jelas Kepala BPBD Banjarmasin Muhammad Hilmi dihubungi bakabar.com, Minggu (24/2) pagi tadi.
Dari dua RT tadi, BPBD sudah mencatat total 12 kepala keluarga berisikan 46 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Pantauan bakabar.com, api baru bisa dipadamkan sejam kemudian atau pukul 23.16 Wita. Embusan angin malam membuat korban api membesar dan merembet ke rumah di sekitarnya. Ada puluhan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

"Sumber air ada, namun sulit dan jauh. Kendala di lapangan bangunan terbuat dari kayu dan berdempetan membuat api cepat menjalar. Akses ke TKP juga sempit," jelas Hilmi.

Baca Juga: Kebakaran Hebat di Veteran Banjarmasin, Pasha Ikut Berduka

Malam tadi, Sabtu (24/3), kebakaran meluluhlantakkan belasan rumah di kawasan Jalan Veteran, Gang Baru.

Berdasarkan pengamatan bakabar.com di lapangan, rumah yang terbakar jumlah rinciannya 6 unit di jalur 2 Gang Baru RT 26, dan di jalur 1 Gang Baru RT 25 sisanya.

"Rumah-rumah ini berdekatan," tutur Bahrudin, saksi mata di lokasi kebakaran.

Soal penyebab pasti, Bahrudin belum tahu. Di satu sisi, sampai sekarang polisi masih menyelidikinya. Hasilnya pun serupa BPBD. Polisi menduga penyebabnya korsleting.

"Untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran, harus melalui penyelidikan. Itu yang masih kita lakukan sekarang," konfirmasi Kapolsek Banjarmasin Timur Kompol H. Uskiansyah melalui Kasi Humas Aiptu Partogi.

Usai api jinak, terlihat sejumlah warga terdampak terlihat menyelamatkan sisa-sisa material yang masih dapat digunakan. Sebagian, hanya bisa melihat rumahnya yang hangus dilalap api.

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner