Tak Berkategori

DLH akan Turunkan Mobil Road Sweeper di Haul Sekumpul ke-14

apahabar.com, MARTAPURA – Jelang Haul Sekumpul ke-14 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar sudah siap menurunkan armada…

Featured-Image
Mobil Road Sweeper DLH Banjar akan diturunkan dalam penanganan kebersihan Haul Sekumpul ke-14. Foto-apahabar.com/Reza Rifani

bakabar.com, MARTAPURA - Jelang Haul Sekumpul ke-14 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjar sudah siap menurunkan armada andalannya, Mobil Road Sweeper untuk menangani kebersihan sebelum dan sesudah pelaksanaan acara akbar tersebut.

Kepala Bidang pengelolaan sampah taman dan limbah Dinas Lingkungan Hidup Banjar, Riza Rusadi menuturkan, pihaknya tidak saja melakukan pembersihan setelah acara, tapi juga melakukan hal serupa sebelum acara. Untuk itu, mereka menyiapkan mobil khusus untuk penanganan kebersihan tersebut.

Baca Juga:Begini Cara Hemat Hadiri Haul Sekumpul ke-14

“Rencananya mobil Road Sweeper 5 hari sebelum acara haul kita kerahkan ke Sekumpul untuk bersih-bersih. Insya-Allah kalo di ijinkan dari pihak Posko Induk (Tim Relawan Inti),” kata Riza pada bakabar.com, mewakili Boyke Tristianto Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjar, Senin (11/2) sore.

Riza menyebutkan, mobil yang diberikan Pemprov Kalsel kepada DLH Banjar atas capaian Adipura yang ke-7 kalinya itu handal dalam menangani kebersihan. Mobil tersebut bisa menampung debu, pasir, dan lumpur sebanyak 1 ton.

“Mobil Road Sweeper sifatnya untuk membersihkan debu, pasir, dan lumpur yang ada di median jalan, bukan untuk menyedot sampah plastik,” jelasnya.

Untuk penanganan sampah di Haul Sekumpul ke-14, sambung Riza, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak terkait. Nanti, akan ada rapat akhir untuk persiapan penanganan sampah di acara tersebut.

Meski pihaknya sudah melakukan persiapan penanganan sampah, Riza mengimbau pada jemaah haul untuk turut menjaga kebersihan. Bisa dengan membawa sendiri kantong sampah kemudian menyerahkannya pada relawan kebersihan yang bertugas di lapangan.

“Diharapkan kesadaran jemaah untuk menjaga kebersihan, dengan Tidak membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

Haul Abah Guru Sekumpul ke-14 rencananya akan digelar di Musholla Ar Raudhah Sekumpul, Martapura, Kalimantan Selatan pada 9-10 Maret mendatang.

Menghadapi acara akbar tersebut, berbagai pihak telah menyiapkan penanganan. Selain kebersihan, berbagai pihak juga turut dilibatkan. Mulai pengamanan, jalur lalu lintas, hingga konsumsi jemaah yang diprediksi berjumlah jutaan orang.

Baca Juga:DLH Gandeng Sopir di Kalimantan Hadapi Haul Sekumpul ke-14

Reporter: Reza Rifani
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner