Politik

Debat Ketiga, Tunggu Gebrakan Ma’ruf Amin

apahabar.com, JAKARTA – Debat akan kembali digelar 17 Maret 2019 mendatang. Kali ini giliran calon wakil…

Featured-Image
KH Ma’ruf Amin. Foto-Republika

bakabar.com, JAKARTA - Debat akan kembali digelar 17 Maret 2019 mendatang. Kali ini giliran calon wakil presiden, KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno berduel dalam debat ketiga.

Pada debat itu akan mengangkat tema seputar pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, sosial, dan budaya. Banyak pihak yang menantikan performa Ma’ruf tanpa didampingi capres Joko Widodo.

Baca Juga:Hasil Pertemuan Trump dan Kim Alami Kebuntuan

Pada debat pertama, 17 Januari 2019, penampilan Ma’ruf dinilai belum maksimal. Ia cenderung pasif karena waktu yang diberikan kepada cawapres juga tidak banyak.

Seperti ditulias Kompas.com, pada debat pertama Ma'ruf hanya berbicara sebanyak lima kali dengan total durasi selama 4 menit 16 detik.

Sedang Jokowi berbicara sebanyak 21 kali. Termasuk saat memaparkan visi misi dan memberikan pernyataan penutup. Total durasi saat Jokowi berbicara 23 menit 46 detik.

Bahkan pada awal debat Ma'ruf hanya menyatakan dirinya mendukung apa yang diungkapkan Jokowi ketika moderator menanyakan apakah ia ingin menambahkan sesuatu atau tidak karena waktu masih tersisa.

Tentunya debat ketiga menjadi kesempatan masing-masing cawapres untuk mengeksplorasi gagasannya. Ma’ruf Amin akan akan langsung 'head to head' dengan Sandiaga. Sejumlah persiapan telah dilakukan keduanya. Sandiaga bahkan sudah bertemu sejumlah tokoh untuk meminta masukan. Bagaimana dengan persiapan Ma’ruf Amin?

Baca Juga:Cyrus Gelar Survei Ketaatan Beribadah 2 Capres, Hasilnya?

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner