Tak Berkategori

Si Tapai dan Si Pengantin Idaman Juarai Kontes Durian Kalsel

apahabar.com, BANJARBARU – Kota Banjarbaru patut berbangga. Pasalnya dalam kontes durian tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel),…

Featured-Image
Dewan Juri Kontes Durian tingkat Provinsi Kalsel, menilai ratusan durian yang ikut lomba. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

bakabar.com, BANJARBARU – Kota Banjarbaru patut berbangga. Pasalnya dalam kontes durian tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Desa Kiram Karang Intan Kabupaten Banjar. Durian varietas lokal si Tapai dan Pengantin Idaman berhasil menyabet Juara I dan II.

Kepada Dinas Pertanian Kota Banjarbaru, Siti Hamdah mengaku bersyukur dengan pencapaian kali ini. Diakuinya, Durian si Tapai dan si Pengantin Idaman Banjarbaru ini merupakan varietas lokal yang ditanam di Desa Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka.

“Buah durian yang menang dalam festival buah durian ini merupakan yang terbaik dari petani di Sungai Tiung, Cempaka. Kami bersyukur dengan hasil Juara ini,” ungkapnya, Kamis (24/1) siang.

Dia menjelaskan, kedepan pihaknya akan mendaftarkan dua varietas Durian si Tapai dan si Pengantin Idaman ini. Agar ke depan namanya semakin dikenal orang dan bisa dipasarkan dengan baik di Kalsel dan sekitarnya.

Sementara itu, petani pemilik pohon durian si Tapai dan si Pengantin Idaman ini mengaku bangga dengan pencapaian kali ini. Dia mengaku dua buah ini merupakan dari pohon yang sudah tumbuh 35 tahun lalu. Pohon di tanam di dataran tinggi Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru.

“Tidak ada yang spesial, hanya perawatan dan pemupukan terhadap pohon saja yang lebih rutin dilakukan. Dan hasilnya memang durian kami dari segi daging, rasa dan volume buahnya lebih bagus,” ungkapnya.

Dirinya tidak memungkiri, kedepan nilai buah durian si Tapai dan Pengantin Idaman akan lebih tinggi dari sebelumnya setelah jadi juara.

“Mungkin kalau sebelumnya kami menjual Rp 25 ribu per buah, kedepan Durian ini bisa mencapai harga jual Rp 35 ribu,” jelasnya.

Baca Juga:Oknum Sipir Ditangkap, Sabu Diduga dari Lapas Teluk Dalam Banjarmasin

Baca Juga:Kontes Durian Kalsel di Kiram Meriah, 10 Ribu Buah Ludes Dimakan

Reporter: Zepi Al Ayubi
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner