Tak Berkategori

Pangdam VI/Mulawarman: Pendistribusian Logistik Potensi Kerawanan Pemilu 2019

apahabar.com, BANJARMASIN – Kodam VI/Mulawarman terus memantau potensi kerawanan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019….

Featured-Image
Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Subiyanto paparkan potensi kerawanan pemilu. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Kodam VI/Mulawarman terus memantau potensi kerawanan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019.

Selain melaksanakan pemilihan presiden, pemilu tahun ini pun menggelar pemilihan anggota legislatif tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Dalam jangkauan Kodam VI/Mulawarman bukan kerusuhan masyarakat yang patut dikhawatirkan, tapi kerawanan dalam pendistribusian logistik ke beberapa daerah. Soalnya wilayah Kalimantan ini ada yang masuk perbatasan dan pedalaman,” terang Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Subiyanto, usai acara malam pisah sambut Komandan Korem 101/Antasari di Gedung Mahligai Banjarmasin, Rabu (16/1/2018) malam.

Baca Juga:Bupati Banjar Siapkan Kamar Buat Al Fatih di Jakarta

Menurutnya, potensi kerawanan dalam pendistribusian logistik pesta demokrasi lima tahunan ini jatuh pada daerah Malinau dan Mangkau Hulu, Provinsi Kalimantan Utara.

Kedua wilayah tersebut, termasuk sulit untuk dijangkau melalui jalur darat, karena posisinya berada berdekatan dari negara tetangga Malaysia.

“Memang mereka tergantung dengan angkutan udara. Kalaupun sungai dan laut akan memakan waktu lama untuk perindustrian logistik,” jelasnya.

Untuk perindustrian logistik lebih mudah, pihaknya telah menyiapkan angkutan udara berupa helikopter untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyukseskan Pemilu 2019. Terlebih, agar partisipasi pemilu dalam tahun ini meningkat dibandingkan lima tahun sebelumnya.

Sementara itu, TNI dan Polri telah mengadakan kesepakatan berupa Memorandum of Understanding (MoU) untuk bersama-sama menyukseskan dan mengamankan Pemilu 2019.

Kendati demikian, ia menerangkan akan menyiapkan kekuatan satu pleton personel yang ditaruh di Kodim di bawah kekuasaan Kodam VI/Mulawarman pada daerah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

“Kami akan meminta pihak kepolisian untuk membantu mengamankan Pemilu. Untuk itu 2/3 dari kekuatan Polda daerah berjanji akan dikerahkan,” ujarnya.

Baca Juga:Kadiv PAS Lakukan Pemetaan Lapas di Kalsel

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner