Tak Berkategori

FILM KOBOY KAMPUS

INILAH KISAH UNIK SI PENULIS DILAN 1990 apahabar.com, BANJARMASIN-Novel Dilan 1990, selain menjadi salah satu novel…

Featured-Image
LIMA AKTOR KOBOY KAMPUS – Dari kiri ke kanan, Ricky Harun, Bisma Karisma, Miqdad Addausy, Jason Ranti dan David John Schaap. Foto: Official Koboy Kampus.

INILAH KISAH UNIK SI PENULIS DILAN 1990

bakabar.com, BANJARMASIN-Novel Dilan 1990, selain menjadi salah satu novel best sealer di Indonesia juga menorehkan prestasi fantastis ketika novel ini diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Hingga saat ini film Dilan 1990 sudah ditonton lebih dari 6 juta orang dan menjadi film terlaris di Indonesia.

Sukses film Dilan 1990 tentu saja tidak lepas dari tangan dingin sang penulisnya yaitu Pidi Baiq. Selain sebagai pengarang novel, Pidi Baiq juga dikenal musisi asal kota Bandung Jawa Barat. Bersama beberapa sahabatnya, Pidi membentuk group band The Panasdalam.

Group band yang dibentuk era tahun 90 an ini, memiliki ke unikan dibanding group band lainnya di Indonesia. Lagu-lagu The Panasdalam sebagian besar syairnya seperti keluar dari "pakem". Bahasa yang dipakai lebih merakyat dan terkesan blak-blakan, baik itu lagu bertema cinta, kehidupan hingga kritik sosial, yang dikemas dengan aroma humor cerdas.

Ke unikan inilah yang menjadikan The Panasdalam memiliki fans fanatic di seluruh Indonesia.

The Panasdalam sendiri, sebenarnya lahir dari sebuah gerakan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Design Institut Teknologi Bandung (ITB) di tahun 1995 menjelang lengsernya Presiden Soeharto sebagai penguasa orde baru.

img2

Foto: Official Koboy Kampus

Perjuangan Pidi Baiq bersama sahabat-sahabatnya dalam mendirikan The Panasdalam itulah yang kemudian diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Film "sejarah" The Panasdalam ini disutradarai langsung oleh Pidi Baiq.

"Idenya bermula dari mendirikan negara The Panasdalam yang akhirnya jadi band. Pada tahun 1995 The Panasdalam adalah nama negara yang saya bentuk bersama kawan-kawan saya di ITB," ungkap Pidi Baiq kepada pers beberapa waktu lalu di Bandung.

Pembentukan Negara The Panasdalam inilah yang menjadi inti cerita film yang kemudian diberi judul Koboy Kampus, Understanding The Panasdalam.

Pidi mengatakan, film Koboy Kampus dikemas dengan berbagai genre kisah. Selain komedi, Pidi juga menyisipkan kisah cinta dan dinamika kehidupan mahasiswa di era 1990-an dengan idealisme dan berbagai kekonyolannya.

Pidi menyatakan bahwa film Koboy Kampus tidak ada tendensi politik. Yang menarik lagi, film Koboy Kampus, diwarnai dengan beragam lagu dan musik, terutama lagu-lagu hits nya The Panasdalam. Jadi film ini juga bias disebut sebagai film musical.

Film Koboy Kampus, Understanding The Panas Dalam sendiri saat ini sudah memasuki tahap post production. Diperkirakan film garapan Pidi Baiq ini rampung dan siap rilis di bulan Februari 2019.

Film ini antara lain dibintangi 5 aktor ganteng yaitu Jason Ranti yang dikenal sebagai musisi, Ricky Harun, Bisma Karisma, Miqdad Addausy, dan David John Schaap.

Diharapkan film Koboy Kampus Understanding The Panasdalam ini akan mampu meraih sukses seperti halnya Dilan 1990. ( *** )



Komentar
Banner
Banner