Tak Berkategori

“Charge Energy” di Waduk Riam Kanan

apahabar.com, BANJARMASIN– Dunia semakin sibuk, iya jelas! Bumi ini dipenuhi oleh orang-orang yang  berjuang dalam hidupnya;…

Featured-Image
BUKIT Matang Kalandan, menawarkan pemandangan Waduk Riam Kanan dari sudut berbeda. (indonesia.tripcanvas.co/id)

bakabar.com, BANJARMASIN– Dunia semakin sibuk, iya jelas! Bumi ini dipenuhi oleh orang-orang yang berjuang dalam hidupnya; orang yang berjuang untuk sekedar hidup atau orang yang berjuang menggunakan waktu dengan benar selama diberi hidup oleh Sang Pencipta.

Tentu, kita lebih memilih menjadi jenis orang tipe yang kedua. Ya.. Siapa yang tahu hidup ini kapan akan berakhir? Karena itu, pergunakanlah waktu yang ada dengan arif. Salah satunya dengan merencakan liburan akhir tahun atau libur tahun baru untuk men-charge energy kita dalam memasuki babak hidup selanjutnya.

Kita diberi anugerah oleh Sang Pencipta dengan banyaknya tempat wisata di banua yang dapat dikunjungi. Banyak tempat wisata menarik di hampir 13 kabupaten provinsi Kalimantan Selatan ini. Dari wisata yang rada berat seperti trekking dan hikking, hingga yang hanya wisata bersantai ria bersama keluarga menikmati alam pegunungan atau semilirnya aingin pantai.

Nah, salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk didatangi, jika hanya untuk sekedar charge energy, menjelang tahun baru, adalah kawasan Waduk Riam Kanan, yang berada di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Kawasan Waduk Riam Kanan, adalah daerah yang cukup sejuk, asri, dengan hamparan air waduk yang beriak tenang dikelilingi kawasan perbukitan yang hijau, ditambah pemandangan Pegunungan Meratus yang memanjang di kejauhan. Kawasan ini sangat cocok untuk menenangkan diri atau tempat berlibur dengan sahabat, rekan atau keluarga.

Untuk menuju kawasan ini hanya memakan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Banjarmasin,. Karena hanya berjarak sekitar 60 km dari ibukota Provinsi Kalimantan Selatan tersebut.

Bagusnya, jika ingin ke tempat wisata ini, disarankan harus pagi-pagi, atau berangkat dari Banjarmasin sebelum waktu subuh. Kita bisa melaksanakan Shalat Subuh di masjid atau mushlla yang banyak terdapat di dalam perjalanan menuju ke kawasan ini.

Tiba di kawasan waduk, suasana masih diselimuti kabut dan gelap karena matahari belum muncul. Sehingga begitu berada di tengah waduk dengan menumpang kapal klotok yang banyak tersedia di kawasan ini, kita bisa menyaksikan sunrise yang muncul perlahan di sela-sela perbukitan.

Ada banyak kawasan wisata yang bisa kita datangi di kawasan Waduk Riam Kanan ini, misal kawasan wisata Bukit Batas. Meski pemandangannya tak seindah di Raja Ampat Papua, namun banyak kalangan di Kalimantan Selatan menyebut gugusan pulau kecil di Bukit Batas ini bak Raja Ampat.

Jika cuaca cerah, pemandangan matahari terbit dan tenggelam di puncak bukit ini indah sekali.

Bukit Batas, letaknya di Desa Bukit Batas, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Posisinya di seberang waduk Riam Kanan. Namanya juga bukit, jalan menuju ke sana tentu saja harus mendaki dan menyeberang sungai. Di sana tak ada penyewaan tenda dan peralatan berkemah. Jadi, pengunjung harus membawa peralatan sendiri.

Jika ingin menikmati pemnadangan waduk dari sudut pandang yang berbeda, kita bisa mendaki bukit Matang Kalandan.

img2

WADUK Riam Kanan (indonesia.tripcanvas.co/id)

Bagi para pecinta alam dan traveler, mendaki Bukit Matang Kaladan, atau yang biasa disebut bukit Lawangan, menjadi tantangan tersendiri. Tapi hasil yang Anda dapat setelah sampai puncak adalah kepuasan yang tiada terkira

Ada juga taman hutan pinus yang menyajikan kesejukan dan keasrian pemandangan seputaran waduk.

Atau, jika enggan beranjak dari dalam klotok, masih betah berkeliling mengitari waduk, sangat mengasyikan jika sambil memancing ikan kalui atau yang lebih dikenal dengan ikan gurami dan ikan nila yang banyak terdapat di kawasan ini.

Sangat disarankan, jika akan bersantaui ria di kawasan Waduk Riam Kanan, pengunjung melengkapi bekal bawaannya dengan peralatan pancing. Untuk umpan pancing cukup dengan anak udang yang banyak terdapat di perairan waduk.

Kenikmatan lainnya jika berwisata di Waduk Riam Kanan ini adalah di saat makan siang. Menikmati bekal makan siang dengan ikan gorengan hasil pancingan, di tengah waduk yang asri, dijamin energi kita akan kembali meningkat.

Sumber : dari berbagai sumber

Editor : Milhan Rusli



Komentar
Banner
Banner