Jaringan Narkoba

Zul Zivilia, dari Vokalis Band Berujung Vonis Bui

Zulkifli atau kerap disapa Zul Zivilia merupakan seorang musisi dan vokalis band Zivilia, yang terkenal lewat tembang hits 'Aishiteru'

Featured-Image
Zul Zivilia tersandung kasus jaringan narkoba - Foto: Humas Ditjenpas

bakabar.com, JAKARTA - Zulkifli atau kerap disapa Zul Zivilia adalah seorang musisi dan vokalis band Zivilia, yang terkenal lewat tembang hits 'Aishiteru'.

Zul Zivilia masih di dalam penjara. Dan hari ini namanya kembali terseret pengembangan kasus jaringan raja narkoba asal Banjarmasin, Fredy Pratama alias Miming (38).

Teranyar, Markas Besar Polri bakal memanggil mantan vokalis band terpidana narkoba yang dibui penjara 18 tahun tersebut.

"Iya betul (Zul Zivilia akan diperiksa)," kata Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa, Selasa (3/10).

Debut Menjadi Anak Band yang Diminati Banyak Pendengar

Zul Zilvilia
Zul Zilvilia (Foto:Dok.Liputan6)

Terlahir dengan nama Zulkifli atau akrab dipanggil Zul 'Zivilia', ia lahir di Kendari, Sulawesi Tenggara, pada 19 Agustus 1981 silam.

Zul memulai kiprahnya sebagai vokalis band Zivilia sejak 8 Agustus 2008. Dan menyajikan genre slow rock alternative yang sukses diminati banyak pecinta musik Indonesia.

Pada awal kemunculannya di tanah Kendari, band ini memiliki nama Zifhilia, yang terdiri dari dua gabungan 'Zif' dan 'Fhilia/Philia' memiliki makna Cinta dan Kasih Sayang.

Band ini terbentuk atas ketidaksengajaan selepas pulang dari Jepang. Dan telah menciptakan 20 tembang dengan aliran Jepang yang sempat mereka bawakan di sana.

Band ini pun mulai melebarkan sayapnya dengan hijrah ke ibu kota, masuk dalam label musik ternama Nagaswara. Lalu Zifhilia berganti nama menjadi Zivilia.

Pada awalnya band ini digawangi oleh Zul (vokal), Idham (bass), Amed (gitar) dan Amy (drum). Dan mulai meledak di pasar musik nasional melalui lagu Aishiteru di tahun 2009.

Sempat terlibat kasus plagiasi tak membuat citra band mereka menurun. Mereka tetap giat menciptakan album dan single lainnya. Sebut saja dari album Trilogy (2013) yang sempat hits dan bertengger di beberapa radio.

Serta kembali dengan EP terbaru pada 2015, dengan judul Cinta Pertama (First Love).

Pada 2016 band ini kembali dengan Full Album berjudul The Best Of Zivilia Aishiteru, yang berisi 11 single di dalamnya, termasuk tembang Aishiteru 3, Aishiteru 2, dan Aishiteru.

Zul memiliki seorang istri bernama Retno Paradinah, serta empat orang anak.

Tersandung Kasus Jaringan Narkoba Terbesar di Indonesia

Miliki Sabu 9,5 Kg dan Ekstasi 24 Ribu Butir Zul Zivilia Terancam Hukuman Mati
Miliki Sabu 9,5 Kg dan Ekstasi 24 Ribu Butir Zul Zivilia Terancam Hukuman Mati

Sebelummya pada tahun 2019, Zul diketahui pertama kali ditangkap di Apartemen Gading River City Home, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

Atas kasus serupa, ia ditangkap dengan barang bukti 9,54 kilogram dan 24 ribu butir ekstasi dalam sejumlah plastik klip.

Zul mendapatkan vonis selama 18 tahun penjara dan denda Rp. 1 miliar oleh hakim.

Pada Agustus 2023, ia sempat viral lantaran kedapatan manggung di Kemayoran. Dalam pengamanan ketat, ia manggung atas undangan dari Kemenkumham.

Editor


Komentar
Banner
Banner