Atlet Berprestasi Indonesia

Profil Farhan Halim, Pevoli Indonesia Berkancah di Liga Voli Thailand

Farhan Halim, pebola voli Indonesia berbakat, kini menjadi andalan bagi Nakhon Ratchasima Q Min C VC, juara bertahan kompetisi Est Cola Volleyball Thailand

Featured-Image
Farhan Halim Pevoli Indonesia yang berlaga di Liga Thailand, Sumber : IG/Farhan Halim

bakabar.com, JAKARTA - Siapa yang tak kenal Farhan Halim, Pevoli berbakat Indonesia yang kini menjadi andalan Nakhon Ratchasima, klub Voli Liga Thailand.

Berposisi sebagai hitter, Farhan rupanya mengisi satu slot pemain ASEAN dalam persaingan sengit dari 16 tim putra di Liga Voli Thailand musim ini.

Bagi Farhan, ini bukan kali pertamanya berkiprah di luar negeri. Pada 2020, pemain berusia 22 tahun ini menjelajahi Uni Emirat Arab bersama tim Hatta Club Dubai.

Lahir di Kabupaten Bandung pada 26 April 2001, Farhan Halim yang berpostur 193 cm, memiliki posisi bermain sebagai outside hitter.

Baca Juga: Megawati Masuk 5 Besar Top Skor Liga Voli Korea, Tembus 400 Poin

Karirnya dimulai di klub Pasundan Bandung ketika ia masih duduk di kelas 3 SMP. Awalnya menekuni olahraga badminton, Farhan beralih ke voli karena merasa tidak terlalu berbakat di bulu tangkis.

Bergabung dengan Pasundan Bandung menjadi langkah awalnya, namun kisah cemerlang Farhan tak luput dari cobaan. Ketika duduk di kelas 5 SD, jari kelingking kirinya harus diamputasi setelah terjatuh dari atap.

Meskipun mengalami kesulitan, hal itu tidak menghentikan langkahnya di dunia olahraga. Puncak masalah muncul saat Farhan mengalami cedera ACL dan MCL saat menekuni voli di usia sekolah.

Beruntung, dengan bantuan fisioterapis yang tepat, ia pulih dalam 5-6 bulan. Setelah pulih, tekad kuat Farhan membawanya memulai karier profesional pada 2019 dengan Jakarta Pertamina Energi.

Baca Juga: Bukan Pilihan Utama, Megawati Masuk Tim Voli All Star Liga Korsel

Musim pertamanya sukses membawa timnya finis di peringkat 3 Proliga 2019. Pada musim 2020/2021, Farhan bermain untuk Hatta Club Dubai di UEA karena Proliga terhenti akibat pandemi Covid-19.

Kembali ke Indonesia, Farhan memperkuat Jakarta Pertamina Pertamax di Proliga 2022, menempatkan tim di peringkat 4 dan meraih gelar Best Server Proliga 2022.

Performa impresifnya membawanya ke Timnas Indonesia untuk SEA Games 2021, di mana Merah Putih meraih medali emas.

Pada Proliga 2023, Farhan membela Jakarta STIN BIN, finis di posisi 3 besar, dan meraih kembali gelar Best Server Proliga 2023.

Baca Juga: Misi Megawati Cs Bawa Red Sparks Tembus 3 Besar Liga Voli Korsel

Setelah Proliga 2023, Farhan turut membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 dan membantu Jakarta Bhayangkara Presisi tampil sebagai runner-up di AVC Asian Men's Club Volleyball Championship 2023.

Profil Farhan Halim terus bersinar di kancah voli internasional, dan kehadirannya di Liga Thailand menjadi babak baru dalam perjalanannya yang gemilang.

Editor
Komentar
Banner
Banner