News

Profil Annisa Mahesa: Legislator Termuda Putri Desmond, Jadi Pimpinan Sementara DPR

Annisa Mahesa merupakan anggota termuda pada pelantikan DPR. Tak hanya itu, putri almarhum Desmond Junaidi Mahesa dipercaya menjadi pimpinan sementara DPR RI. 

Featured-Image
Annisa Mahesa merupakan anggota termuda pada pelantikan DPR. Foto: edunews.di

bakabar.com, JAKARTA - Annisa Mahesa merupakan anggota termuda pada pelantikan DPR RI. Tak hanya itu, putri almarhum Desmond Junaidi Mahesa dipercaya menjadi pimpinan sementara DPR RI. 

Annisa Mahesa merupakan caleg Partai Gerindra terpilih. Dia bertarung di Dapil Banten II dengan perolehan 122.470 suara.

Per 1 Oktober 2024, Annisa berusia 23 tahun 2 bulan, 15 hari per tanggal 1 Oktober 2024.

Annisa memang baru di dunia politik. Tapi, bukan berarti 'kosong'. Annisa merupakan putri dari almarhum Desmond Junaidi Mahesa. Desmond merupakan politikus senior Partai Gerindra — yang pada era Orde Baru pernah menjadi korban penculikan.

Desmond pernah menjabat sebagai Ketua DPP Partai Gerindra (2008–2013), anggota DPR-RI Fraksi Gerindra Komisi III (2009–2023), anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI, dan anggota Badan Musyawarah (Bamus) DPR-RI.
Desmond meninggal pada 24 Juni 2023.

Hari ini, 580 anggota DPR akan membacakan sumpah atau dilantik. Tak cuma itu, ada 152 anggota DPD yang juga dilantik hari ini.

Annisa akan didampingi anggota DPR tertua, yakni politikus Partai Demokrat Zulfikar Achmad dari Jambi. Keduanya akan memimpin rapat paripurna pelantikan anggota DPR.

Sekjen DPR Indra Iskandar mengumumkan dua pimpinan sementara DPR RI, salah satunya cukup menarik adalah Annisa M.A. Mahesa. 

"Dengan ini kami umumkan pimpinan sementara DPR RI adalah sebagai berikut. Satu, ketua sementara Saudara Guntur Sasono Partai Demokrat Dapil Jatim VIII. Dua, wakil ketua sementara Saudari Annisa M.A. Mahesa Partai Gerindra Dapil Banten II," kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2024).

Profil Singkat Annisa Mahesa

Annisa Mahesa memegang dua gelar sarjana di bidang manajemen dari dua universitas, yakni Universitas Indonesia dan University of Melbourne. Sebab, dia mengikuti program kelas internasional untuk mendapatkan dua gelar sarjana tersebut.

Dua tahun pertama, Annisa menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Indonesia. Kemudian, dia melanjutkan sisanya di Universitas Melbourne hingga mendapatkan gelar S1 di bidang manajemen pada 2023.

Sebelum menempuh pendidikan tinggi, Annisa Mahesa tercatat menjadi siswi di SMAN 34 Jakarta. Saat itu, dia tergabung dalam Grazia Vocalista yang merupakan paduan suara di sekolah tersebut.

Dalam dunia pekerjaan, perempuan 23 tahun ini pernah menjadi internship coordinator/marketing officer di Ecare Careers di Melbourne, Australia pada Oktober-Desember 2022.

Editor


Komentar
Banner
Banner