IBL

Profil Borneo Hornbills, Klub Asal Kalimantan Berkancah di IBL 2024

Klub bola basket asal Kalimantan, Borneo Hornbills, siap meramaikan panggung bola basket profesional di Indonesia mulai tahun 2024.

Featured-Image
Borneo Hornbills menjadi klub satu satunya Kalimantan yang akan mengikuti IBL 2024, Foto : apahabar.com/Lazuardi iman

bakabar.com, JAKARTA - Klub bola basket asal Kalimantan, Borneo Hornbills siap meramaikan Indonesian Basketball League (IBL) 2024.

Borneo Hornbills yang sebelum nya bernama Bumi Borneo Basketball Pontianak itu akan menjadi satu-satunya perwakilan dari Kalimantan di kompetisi bola basket profesional terbesar di Indonesia.

Tidak hanya membawa wajah baru, Borneo Hornbills juga menghadirkan semangat baru ke dunia bola basket Indonesia. Itu dilihat dari logo mereka yang memperlihatkan burung enggang.

Burung enggang, atau yang sering disebut sebagai burung rangkong adalah fauna khas Kalimantan yang sangat ikonik.

Baca Juga: Borneo Hornbills, Tim Asal Kalimantan Targetkan Juara di IBL 2024

Dengan tubuh hitam dan putih serta paruh yang besar berwarna kuning kemerahan, burung ini memiliki makna filosofis mendalam.

"Kami berharap ikon Burung Rangkong ini mencerminkan karakter tim kami yang bisa berkibar di panggung basket nasional," ujar Presiden Klub Borneo Hornbills, Leo Gautama.

Borneo Hornbills kini berfokus untuk memperkuat timnya menjelang dimulainya IBL 2024 yang dimulai pada Januari mendatang.

Selain memperpanjang kontrak pelatih Tondi Raja Syailendra, mereka juga mendatangkan pemain baru seperti Valentino Wuwungan dan Sevly Rondonuwu.

Baca Juga: Bukan di Kalimantan, Bogor Jadi Homebase Tim Borneo Hornbills

Terlebih lagi Borneo Hornbills juga mendatangkan pemain yang pernah dua kali MVP di IBL yaitu Jamarr Johnson

Kehadiran Jamarr Johnson diharapkan dapat mendongkrak dan meraih prestasi bersama Borneo Hornbills kedepannya.

Meskipun berbasis di Pontianak, Kalimantan Barat, Borneo Hornbills menggunakan GOR Laga Tangkas Pakansari, Bogor, sebagai homebase.

Namun, mereka memiliki harapan untuk memiliki kandang di Kalimantan dalam waktu yang akan datang.

Baca Juga: Terapkan Format Home-Away, IBL Belajar dari B League Jepang

"Kami berencana membangun homebase di Kalimantan dalam 2 hingga 3 tahun mendatang. Sementara untuk IBL musim depan, kami akan memakai dua arena di Jawa," pungkas Presiden Klub Borneo Hornbills Leo Goutama.

IBL 2024 akan diikuti 14 klub dan dimulai pada 13 Januari 2024. Nantinya, kompetisi bola basket terbesar Indonesia itu menggunakan format baru yaitu melangsungkan laga home-away.

Editor


Komentar
Banner
Banner