Religi

Zaman Khalifah Umar RA: Tak Paham Fiqih Muamalat Dilarang Berdagang

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketika Khalifah Umar bin Khattab RA menjadi Amirul Mukminin, beliau menugaskan untuk mengusir…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Ketika Khalifah Umar bin Khattab RA menjadi Amirul Mukminin, beliau menugaskan untuk mengusir para pedagang yang tidak mengerti halal-haram dalam jual beli (fikih muamalat).

Dikutip dari buku Harta Haram Muamalat Kontemporer karya Erwandi Tarmizi, At Tirmidzi meriwayatkan bahwa khalifah Umar bin Khattab mengeluarkan perintah, “Jangan berjualan di pasar ini para pedagang yang tidak mengerti dien (muamalat)”.

Selain itu, diriwayatkan dari Imam Malik bahwa Sayidina Umar juga memerintahkan para penguasa untuk mengumpulkan seluruh pedagang dan orang-orang pasar, lalu beliau menguji mereka satu-persatu.

Saat beliau dapati di antara mereka ada yang tidak mengerti hukum halal-haram tentang jual-beli, beliau melarangnya masuk ke pasar seraya menyuruhnya mempelajari fikih muamalat, bila telah paham, orang tersebut dibolehkan masuk pasar (Tanbih Al Ghafilin).

Kemudian diriwayatkan dari Abu Laits, beliau berkata, "Seorang laki-laki tidak halal melakukan akad jual-beli selagi dia belum menguasai bab fiqih jual-beli, (Lisanul Hukkam).

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner