Tak Berkategori

Yuk Intip! Potret Bangunan Pertama di IKN Nusantara

apahabar.com, BALIKPAPAN – Sejak ditetapkan sebagai ibu kota negara (IKN) baru, pembangunan di Sepaku, Penajam Paser…

Featured-Image
Posko Kodam VI Mulawarman menjadi bangunan pertama yang berdiri di IKN Nusantara. Foto-apahabar.com/Riyadi

bakabar.com, BALIKPAPAN – Sejak ditetapkan sebagai ibu kota negara (IKN) baru, pembangunan di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terus digenjot pemerintah.

Mulai dari pematangan lahan hingga perbaikan infrastruktur jalan.

Untuk pertama kalinya bangunan berdiri di IKN Nusantara. Adalah Posko Kodam VI Mulawarman. Lokasinya berada di lahan pembangunan Istana Presiden.

Posko Kodam VI Mulawarman ini sudah mulai beroperasi beberapa hari terakhir dan terus dikebut penambahan infrastruktur serta fasilitas lainnya.

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso mengatakan keberadaan posko ini dalam rangka mengamankan atau menciptakan rasa aman terhadap pekerja pembangunan IKN Nusantara.

"Ini salah satu peran kita dalam mendukung peran pengamanan pembangunan IKN. Kalau tadi sepanjang jalan sebenarnya infrastruktur sudah dibangun, nanti secara bertahap pembangunan ini akan segera dimulai. Dengan keberadaan di sini, kami ingin memberikan rasa aman, tentunya bagi pekerja yang melaksanakan tugas pembangunan," ucapnya saat kunjungan ke Posko Kodam VI Mulawarman di IKN, Selasa (5/4) sore.

img

Posko Kodam VI Mulawarman menjadi bangunan pertama yang berdiri di IKN Nusantara. Foto-bakabar.com/Riyadi

Bangunan posko tersebut berwarna hijau dan terbuat dari kontainer.

Desain bangunan sengaja dibuat tidak permanen lantaran sewaktu-waktu bisa dipindah ke lokasi lain menyesuaikan kebutuhan yang ada.

Apalagi posko tersebut masih berdiri di lokasi yang akan dibangun Istana Negara.

"Posko ini dibuat dari kontainer dan tidak permanen. Karena tempat ini nantinya adalah bagian dari pembangunan Istana Negara. Sehingga setiap saat nanti ini bisa digeser di mana saja yang nanti diperlukan," jelasnya.

Nantinya posko ini juga akan dilengkapi ruangan khusus untuk Pangdam VI Mulawarman, Kasdam VI Mulawarman, staf dan prajurit yang melaksanakan patroli pengamanan di IKN.

"Untuk tahap sekarang kita standby-kan 1 regu 12 orang. Tapi secara bertahap nanti melihat kemajuan akan menjadi satu pleton dan seterusnya," tutupnya.

Komentar
Banner
Banner