Kota Baru

Wujudkan Herd Immunity, BIN Kalsel Sasar Vaksinasi hingga Pedalaman Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU – Mewujudkan hard immunity sekaligus mengejar target capaian 70 persen, pemerintah terus menggenjot program…

Featured-Image
BIN Daerah Kalsel terus menggencarkan program vaksinasi hingga wilayah pedalaman Kotabaru. Foto-apahabar.com/Masduki

bakabar.com, KOTABARU – Mewujudkan hard immunity sekaligus mengejar target capaian 70 persen, pemerintah terus menggenjot program vaksinasi Covid-19.

Seluruh stakeholder terkait, termasuk Badan Intejen Negara (BIN) Daerah Kalsel terus manyasar vaksinasi hingga wilayah pedalaman di Bumi Sa Ijaan, Kotabaru.

Diungkapkan Kepala BIN Daerah Kalsel, Brigjen Pol Heri Armanto, melalui Posda BIN Kotabaru, Dede Suharto, BIN Daerah Kalsel melaksanakan Vaksinasi Turun Desa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kotabaru, Lanal, dan Kodim 1004/Kotabaru, di wilayah perbatasan Provinsi Kalsel dan Kaltim.

Wilayah tersebut meliputi, kecamatan Sampanahan, Kecamatan Pamukan Selatan, serta Kecamatan Kelumpang Barat.

“Jadi, lokasi ini dipilih karena berada jauh dari wilayah perkotaan. Harapannya sendiri untuk meningkatkan capaian vaksinasi daerah, sesuai dengan target yang ditentukan pemerintah,” ujar Dede kepada bakabar.com, Sabtu (4/12).

Dede menerangkan, dalam kegiatannya, BIN Daerah Kalsel menyasar masyarakat umum, khususnya kelompok lansia yang rentan. Mengingat capaian vaksinasinya masih sebesar 24,49 persen untuk dosis 1 dan 13,38 persen untuk dosis 2.

“Sejauh ini capaian vaksinasi Covid-19 di Kotabaru baru mencapai 42,78 persen untuk dosis 1 dan 21,92 persen untuk dosis 2. Untuk Lansia sendiri persentasenya lebih rendah di kisaran 24,49 persen saja. Ini yang kita harapkan dapat segera dikejar,” katanya.

Dikatakan Dede, peran dari seluruh elemen masyarakat sangat penting dalam membantu mensukseskan capaian program vaksinasi Covid-19.

“Tentu, kami sangat berharap peran serta dari seluruh elemen pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya kepada Ketua RT dan Ketua RW dalam mendata warganya yang belum divaksin, sehingga memudahkan semua instansi dalam mencari sasaran,” ungkapnya.

Pada periode bulan Desember 2021 ini, BIN Daerah Kalsel kembali melaksanakan Vaksinasi di 13 Kabupaten/kota dengan total sasaran 37.600, terdiri dari 24.000 dosis pertama, dan 13.600 dosis ke dua.

Sementara, Sekda Kotabaru, Said Akhmad, menyampaikan apresiasi atas langkah yang dilakukan BIN Daerah Kalsel yang telah menyasar vaksinasi hingga wilayah pedalaman di Kotabaru.

Sebab menurutnya, ketersediaan, atau distribusi vaksin dari pusat ke daerah menjadi kendala utama di Kotabaru.

“Tentu, kami mengapresiasi langkah BIN Daerah Kalsel ini. Adanya vaksinasi ini tentu dapat megejar target capaian vaksinasi di daerah kita hingga akhir tahun ini,” pungkas Sekda.



Komentar
Banner
Banner