News

Gejala TTS Akibat Vaksin Covid-19 AstraZeneca dan Langkah Mengatasinya

Orang yang mengalami TTS akan merasa sangat tidak sehat dengan tubuhnya. Perlu segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Featured-Image
PENYUNTIKAN vaksin Covid-19.(Foto: CNBC Indonesia)

bakabar.com, JAKARTA -- Ramai dikabarkan bahwa vaksin Covid-19 AstraZeneca bisa memicu kondisi langka thrombosis thrombocytopenia syndrome (TTS). Pertanyaanya, apakah TTS bisa disembuhkan?

TTS merupakan sindrom langka yang menyerang darah. Kondisi ini memicu terjadinya pembekuan darah dengan jumlah trombosit yang menurun drastis.

Mengutip Mint, lokasi pembekuan darah akibat TTS juga sering kali tidak biasa. Misalnya di otak yang kemudian dikenal dengan sebutan trombosis sinus vena serebral hingga pembekuan di bagian pencernaan.

Saat seseorang mengalami TTS, akan muncul beberapa gejala yang wajib diwaspadai sesegera mungkin. Melansir Health Direct yang dikutip dari cnnindonesia.com, berikut gejalanya:

- sakit kepala yang parah dan terus-menerus,

- penglihatan kabur,

- kesulitan berbicara,

- kantuk,

- kejang atau kebingungan,

- sulit bernafas,

- nyeri dada,

- pembengkakan kaki,

- nyeri perut (perut) yang terus-menerus.

Orang yang mengalami TTS akan merasa sangat tidak sehat dengan tubuhnya. Orang yang bersangkutan perlu segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Jika dicurigai terjadi gumpalan di otak, pasien dirujuk ke unit gawat darurat untuk segera dilakukan tindakan lanjutan.

Perawatan untuk TTS di antaranya termasuk pemberian obat antikoagulan untuk mengatasi pembekuan darah dan perawatan lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner