Sepak bola nasional

Wakil Komite Wasit PSSI Soroti Fisik Wasit di Indonesia Lemah

Wakil Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa menjelaskan bahwa dirinya belum bisa menyimpulkan dan menilai kepemimpinan wasit di Indonesia

Featured-Image
Wakil Komite Wasit Indonesia, Yoshimi Ogawa soroti kebugaran wasit Indonesia (Foto: Lazuardi Iman/apahabar.com)

bakabar.com, JAKARTA - Wakil Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa menjelaskan bahwa dirinya memberikan perhatian khusus perihal kebugaran wasit Indonesia. 

Sampai saat ini Ogawa baru dapat menyimpulkan bahwa kualitas stamina wasit Indonesia menjadi salah satu faktor yang harus dikoreksi untuk memimpin jalannya pertandingan. 

"Saya perhatikan tingkat kebugaran beberapa wasit sudah cukup membaik, namun ada beberapa yang harus ditingkatkan soal kebugaran," ungkap Yoshimi Ogawa dikutip Selasa (21/11).

Pentingnya kebugaran bagi para wasit Indonesia merupakan hal yang penting untuk memimpin jalannya pertandingan. 

Baca Juga: Kata Komite Wasit Soal Kericuhan Suporter Gresik United

Terlepas masalah kebugaran bagi para wasit menjadi sorotan penting bagi dirinya. Yoshimi Ogawa menjelaskan lebih dari setengah wasit di Indonesia memiliki fisik yang lebih baik. 

"Menurut saya lebih dari lima puluh persen tingkat kebugarannya sudah cukup baik," jelas Ogawa 

Saat ini wasit di Indonesia telah mengikuti rangkaian aktivitas guna menunjang kebugaran mereka. 

Hal tersebut diungkapkan juga oleh Ogawa. Namun Komite Wasit berdarah keturunan Jepang tersebut menilai masih perlu waktu untuk melihat hasilnya. 

Tidak sampai disitu, Ogawa juga menjelaskan bahwa bulan Desember nanti ia akan mengajak rekannya untuk memonitoring sekaligus memberi arahan kepada para wasit. 

Baca Juga: Komite Wasit PSSI Buka Suara Soal Pengaturan Skor

Yoshimi Ogawa akan mengajak salah satu temannya dimana beliau berpengalaman memberikan arahan kepada wasit. 

"Bukan depan (Desember) saya akan datang bersama dengan teman saya yang ahli guna memberikan arahan kepada wasit untuk kedepannya," tegas Yoshimi Ogawa. 

Sekedar tahu saja, Yoshimi Ogawa sendiri direkrut oleh PSSI sebagai Wakil Komite Wasit Indonesia untuk memajukan kualitas kinerja wasit di persepakbolaan tanah air. 

Mengingat beliau mempunyai jabatan dan pengalaman terkait wasit di Federasi Sepak bola Jepang (JFA). 

Editor


Komentar
Banner
Banner