DPRD Kalsel

Wakil Ketua DPRD Kalsel Minta Kepala Daerah Siapkan Langkah Mitigasi Bencana

apahabar.com, BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin wanti-wanti pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota untuk terus…

Featured-Image
Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin wanti-wanti pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan guna mengantisipasi potensi bencana dan cuaca ekstrem sebagai salah satu upaya mitigasi bencana.

“Mitigasi sangat diperlukan guna mengurangi tingkat risiko bencana," kata Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, Rabu (28/4).

Dia bilang, kesiapsiagaan itu ditingkatkan mengingat bencana alam dan bencana non alam, bencana basah maupun kering, bahkan akhir-akhir ini muncul bencana lingkungan berupa siklon tropis sebagai dampak iklim global dengan eskalasi yang meningkat.

Politisi yang akrab disapa Bang Dhin ini minta kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota se Kalimantan Selatan agar menyiagakan personel dan peralatan yang diperlukan dalam mendukung upaya mitigasi bencana tersebut.

Ia juga meminta masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan kehati-hatian terutama bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana alam seperti lokasi rawan banjir atau longsor.

"Warga yang tinggal di area perbukitan atau di bantaran sungai harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," katanya.

Menurut Bang Dhin, gerakan kesadaran bencana di tingkat masyarakat merupakan salah satu langkah efektif dalam mendukung penguatan mitigasi dan budaya tangguh bencana. Tutup Bang Dhin.



Komentar
Banner
Banner