Tak Berkategori

Wah, Begini Bahaya Jika Tidur Terlalu Lama

apahabar.com, BANJARMASIN – Islam mengingatkan untuk melakukan hal sesuai takarannya. Boleh jadi itu dalam hal kebiasaan…

Featured-Image
Ilustrasi tidur. Foto-hellosehat.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Islam mengingatkan untuk melakukan hal sesuai takarannya. Boleh jadi itu dalam hal kebiasaan kita saban hari, seperti tidur misalnya.
Kekurangan tidur memang bisa menjadi masalah. Baik untuk aktivitas seseorang, maupun pada jangka panjang untuk kesehatan.

Namun ternyata, tidur terlalu lama juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tak kalah berbahayanya.

Baca Juga:Ketika Getuk, Lupis dan Si Hijau Kokoleh dalam Satu Piring

Beberapa masalah kesehatan dapat terjadi pada diri jika tidur terlalu lama bahkan dapat menimbulkan efek yang membahayakan nyawa. Dilansir merdeka.com dari Boldsky, ada sejumlah masalah kesehatan yang mungkin muncul kalau kamu tidur terlalu lama.

Pertama, seperti munculnya penyakit diabetes. Ada penyakit tertentu yang berpotensi bisa terjadi pada tubuhmu saat kamu terlalu banyak tidur. Salah satunya adalah meningkatnya kadar gula darah yang berujung dengan penyakit diabetes tipe 2.

Kemudian yang kedua, kesulitan konsentrasi dan mengingat. Saat terlalu banyak tidur, maka otak bisa tidak berfungsi dengan baik. Sehingga akan merasa sulit untuk berkonsentrasi dan kesulitan untuk mengingat.

Yang ketiga paling menakutkan. Yakni membahayakan jantung! Ya, terlalu banyak tidur ternyata juga bisa membahayakan kesehatan jantung. Pasalnya, saat kamu sering tidur, maka hal ini akan membuatmu kelebihan berat badan dan bisa memforsir kerja jantung.

Nah, terakhir atau yang keempat lebih seram lagi, meningkatkan risiko mati muda!! Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang yang terlalu banyak tidur akan berada pada risiko tinggi untuk mati muda.

Pasalnya, selain karena meningkatnya risiko beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes atau penyakit jantung, kebanyakan tidur juga bisa membuat otak meradang.

Untuk mencegah munculnya masalah tidur dan demi kesehatan, penting untuk memastikan jam tidur yang benar-benar tepat. Jangan sampai kekurangan atau kelebihan tidur karena keduanya bisa membahayakan kesehatan.

Baca Juga:Tips Keselamatan Berkendaraan Saat Musim Hujan

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner