Program Swasembada Pangan

Wabup Kukar Salurkan Alsintan ke Belasan Gapoktan

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyalurkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada belasan Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan).

Featured-Image
Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian berupa hand traktor kepada perwakilan petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan), Selasa (19/9).

bakabar.com, KUKAR - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyalurkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada belasan Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan).

Bantuan alsintan tersebut merupakan salah satu bentuk bentuk komitmen Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Rendi Solihin dalam membangun pertanian berbasis kawasan.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin. Adapun jumlah bantuan alsintan yang diberikan berjumlah 27 unit Hand Traktor kepada 16 Gapoktan se-Kecamatan Tenggarong Seberang.

Baca Juga: Langgar Kesepakatan, Warga Kukar Kaltim Tolak Tambang Ilegal

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin menerangkan pemberian bantuan tersebut dilakukan untuk melakukan pembangunan pertanian berbasis kawasan.

Sejumlah langkah yang perlu dilakukan di antaranya seperti meningkatkan nilai tambah dan daya saing, memperkuat sistem usaha tani secarautuh dalam satu manajemen kawasan, dan memperkuat kelembagaan petani dalam mengakses informasi, teknologi, prasarana, sarana publik, permodalan serta pengolahan dan pemasaran.

Selain itu, sejumlah program prioritas pemkab di antaranya pembangunan 120 unit embung, perbaikan jalan usaha tani sepanjang 120 km dan pembentukan unit usaha di Perusda.

Termasuk di antaranya mendorong pembentukan unit usaha pertanian di BUM Desa, meningkatkan areal tanam jagung seluas 30 hektare, sarana prasarana bagi 25 ribu nelayan serta pembudidaya, dan pembangunan sentra industri kecil menengah.

"Dalam proses pengerjaannya, kami juga bekerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Kodim 0906/Kukar untuk peningkatan jalan usaha tani," jelas Rendi.

Baca Juga: DiSAPA Antar Pemkab Kukar Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Rendi berharap dengan diberikannya bantuan tersebut dapat menorong efektifitas dan produktifitas kegiatan pertanian. Dengan begitu dapat meningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Ia juga menyampaikan pesan agar berbagai alsintan yang telah disalurkan ke masyarakat dapat dipelihara dengan baik. Dengan begitu mesin tersebut dapat berusia lebih panjang.

Karena itu, pihaknya akan menindaklanjutinya dengan meminta Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan agar dapat membentuk serta membina Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang.

"Keberadaan UPJA di daerah sentra produksi tidak saja menjadi solusi dalam mengatasi kebutuhan alsintan bagi petani, tetapi juga menjadi solusi dalam mengatasi kelangkaan tenaga kerja," katanya.

Baca Juga: Kukar Punya Mal Pelayanan Pubik Pertama di Kaltim

Sementara itu, Ketua Gapoktan Serba Guna, Edi Siswanto menerangkan pemberian bantuan tersebut tidak lepas dari dorongan dari Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Sumsum saat melakukan reses di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Dalam masa reses tersebut, pihaknya menyampaikan sejumlah keluhan dan kendala yang selama ini dihadapi petani. Salah satu di antaranya mengenai terbatasnya alat untuk mengolah lahan pertanian.

"Tentu hand traktor ini sangat bermanfaat untuk mendukung aktivitas pertanian. Kami berterimakasih, baik kepada Pak Bupati dan Wakil Bupati, termasuk kepada Pak Samsun," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner