Regional

Tingkatkan Produktivitas, Petani di HSS Terima Ratusan Alsintan

Petani di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima ratusan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah untuk meningkatkan produktivitas.

bakabar.com, KANDANGAN - Petani di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima ratusan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah untuk meningkatkan produktivitas, Rabu (03/07).

Bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini diserahkan oleh Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Zulkifli di Kantor Dinas Pertanian setempat.

Alsintan yang dihibahkan kepada kelompok tani tersebut berupa 15 unit traktor roda dua, 115 pompa air 3 inci, serta sebuah power thresher atau perontok padi.

Kepala Dinas Pertanian HSS Muhammad Noor mengatakan, pemberian Alsintan kepada para petani dimaksudkan mempermudah, mempercepat sekaligus menghemat biaya pengolahan lahan.

"Harapannya produktivitas bidang pertanian dari tanam hingga panen semakin meningkat lagi sehingga tercipta kemandirian," ucapnya.

Fokus utama bantuan Alsintan ditujukan kepada pertanian yang dekat dengan sumber air sungai atau lahan tadah hujan dan rawa.

"Jadi indeks pertanaman meningkat dari yang biasa 1 kali menjadi 2 kali dan tanam 2 kali menjadi 3 kali pada lahan irigasi," jelas Muhammad Noor.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda HSS Zulkifli menyampaikan, adanya bantuan Alsintan dapat memberikan semangat para petani. Meningkatkan indeks pertanian juga memperluas area tanam.

"Sektor pertanian sangat penting karena merupakan salah satu penopang ekonomi daerah. Kita harus mampu mengintegrasikan pertanian dari hulu hingga hilir melalui konsep smart farming," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner