News

Viral Curhatan Kiky Saputri Soal RS di RI Vs Luar Negeri, Begini Respons IDI-Kemenkes

Sosok komika, Kiky Saputri beberapa waktu terakhir menjadi perbincangan. Hal itu terjadi karena curhatannya perihal perbandingan pengalaman mengantarkan mertua

Featured-Image
Kiky Saputri. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Sosok komika, Kiky Saputri beberapa waktu terakhir menjadi perbincangan. Hal itu terjadi karena curhatannya perihal perbandingan pengalaman mengantarkan mertua berobat di dokter Indonesia dan Singapura.

Ketika berobat di rumah sakit Indonesia, mertuanya didiagnosis mengalami stroke telinga. Sedangkan ketika dibawa ke Singapura, dokter setempat berpendapat bahwa mertua Kiky mengalami flu.

Curhatan Kiky Saputri. Foto-net
Curhatan Kiky Saputri. Foto-net

"Akhirnya ke rumah sakit Singapura dan diketawakan sama dokternya mana ada stroke kuping. Itu cuman flu jadinya bindeng ke telinga dan sekarang sudah sembuh. Kocak kan?" cerita Kiky.

Semenjak cerita tersebut viral, banyak netizen yang akhirnya ikut membandingkan bagaimana kualitas RS di Indonesia dan di luar negeri.

Beda Metode Pemeriksaan RS RI vs Luar Negeri

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr dr Mohammad Adib Khumaidi, SpOT menjelaskan ada perbedaan antara metode pemeriksaan yang dilakukan RS di Indonesia dan luar negeri .

"Di setiap pemeriksaan, ada namanya clinical pathway di Indonesia," jelas dr Adib dikutip dari detikHealth, Sabtu (11/3).

"Sehingga mana yang kemudian (dilakukan) penyesuaian. Tidak semua kemudian harus diperiksa laboratorium, tidak ya. Tapi sesuai dengan apa yang ditemukan pada saat melakukan analisa dan pemeriksaan fisik," sambungnya.

Berbeda dengan Indonesia yang melakukan pemilahan dalam melakukan pemeriksaan, pengecekan kesehatan di luar negeri biasanya dilakukan dengan paket keseluruhan.

"Karena kalau umpanya tidak melakukan clinical pathway, tidak menyesuaikan PTK (Pedoman Praktik Klinik) nanti akan ada ketidakefisienan pembiayaan. Artinya kita melihat juga dari sisi BPJS," jelas dr Adib.

IDI Pastikan Dokter Indonesia Tak Kalah dengan Luar Negeri

Walau ada perbedaan dalam metode penanganan, dr Adib memastikan bahwa dokter yang ada di Indonesia punya kualitas yang tak kalah dengan dokter di luar negeri.

"Tidak kalah. Saya menjamin bahwa dokter Indonesia lebih baik," ucapnya.

"Dari sisi SDM, dari sisi pelayanan, Indonesia mampu mengatasi permasalahan-permasalahan kesehatan. Ini kemudian yang sekarang pun juga pemerintah sedang mendorong untuk masalah teknologi," lanjutnya.

Lantas, bagaimana respons Kemenkes soal curhatan Kiky Saputri?

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner