Pemilu 2024

[VIDEO] Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres-Cawapres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian dan penetapan nomor urut capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

bakabar.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian dan penetapan nomor urut capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Sebelum pengundian nomor urut, ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di halaman kantor KPU.

Dalam pengundian nomor urut capres-cawapres, KPU menggunakan mekanisme dua tahap. Pertama, pengambilan nomor antrean untuk mengambil nomor urut dilakukan oleh cawapres.

Cawapres yang mengambil nomor urut pertama adalah Muhaimin Iskandar (Cak Imin), karena ia melakukan pendaftaran pertama ke KPU, disusul Mahfud MD di urutan kedua dan Gibran di urutan ketiga.

Setelah itu, pengambilan nomor urut pasangan calon dilakukan oleh capres. Anies menjadi yang pertama untuk mengambil, disusul Ganjar dan Prabowo.

Baca Juga: [VIDEO] KPU Tetapkan DCT Capres Cawapres Pemilu 2024

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang mendapatkan kesempatan awal, mendapatkan nomor urut 1. Selanjutnya giliran Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapatkan nomor urut 3. Disusul Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut 2.

Setelah itu, semua paslon diberikan kesempatan berpidato. Ketiganya menyinggung soal pelaksanaan pemilu agar berlangsung jujur dan adil, demi menjaga demokrasi yang lebih baik.

Pada kesempatannya, cawapres cak imin menyatakan rakyat indonesia harus menikmati pemilu 2024 dengan riang gembira bersifat kebersamaan serta kekeluargaan dalam berkompetisi.

Sementara itu, capres Prabowo Subianto merasa yakin bahwa KPU akan melaksankaan pemilu dengan sebaik-baiknya. Prabowo juga mengingatkan, keutuhan negara Indonesia harus disyukuri walaupun begitu banyak tantangan yang dihadapi.

Baca Juga: Resmi! Berikut Nomor Urut Capres-Cawapres Pemilu Presiden 2024

Sementara Ganjar Pranowo dalam pidatonya menyinggung drama korea atau drakor yang berkaitan dengan demokrasi. Sebuah drama yang menurut Ganjar tidak perlu terjadi.

Penetapan nomor urut capres-cawapres telah dituangkan di dalam keputusan KPU nomor 1644 tahun 2023 melalui rapat pleno terbuka yang dihadiri 3 pasangan capres-cawapres, pimpinan partai politik koalisi pengusung dan tim pemenangan/kampanye di kantor KPU.

Video Journalist: Tim Redaksi
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner