kabar viral

Video Melahirkan di Jalan Viral, Dinkes Jember Benarkan Ibu Ditolak Bidan Desa

Video ibu melahirkan di jalan Jember viral. Dinkes Jember benarkan ibu tersebut ditolak bidan desa.

Featured-Image
Ilustrasi Ibu Hamil . Foto: Freepik

bakabar.com, JEMBER - Video ibu melahirkan di jalanan Jember, Jawa Timur (Jatim) viral. Dinkes Jember benarkan ibu tersebut ditolak bidan desa.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember mengatakan bahwa sang ibu merupakan warga Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru. Ibu tersebut sempat ke bidan desa saat akan melahirkan hari ini pukul 02.00 WIB.

Namun, bidan desa menolak karena khawatir ditegur Puskesmas. Alasannya, ibu tersebut tak pernah memeriksakan diri ke bidan desa.

"Ibu ini sudah hamil 6 kali. Selama hamil selalu disembunyikan dan menutup diri," kata Kepala Dinas Kesehatan Jember, Hendro Soelistijono, Rabu (20/12).

Baca Juga: Stunting Tinggi, Wapres Ma'ruf Amin Beri Catatan untuk Jember

Setelah ditolak oleh bidan, ibu tersebut dibawa ke Puskesmas. Namun, rasa untuk melahirkan sudah tidak bisa ditahan lagi saat di tengah jalan.

Sang ibu pun melahirkan di pinggir jalan pukul 03.00 WIB. Setelah lahir, bidan datang membawa ibu dan bayi tersebut ke Puskesmas.

"Saat ini, bayi dan ibunya dalam kondisi sehat," ucap Hendro.

Sementara itu, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jember mengaku tak terima dengan penjelasan itu. Mereka sebut tenaga kesehatan di Jember tak punya rasa kemanusiaan.

Baca Juga: Jalur WHOOSH Mau Dipanjangin, Jakarta-Surabaya Cuma 2 Jam

Terlebih, sang ibu sampai melahirkan di pinggir jalan karena ditolak. Menurut mereka, ibu tersebut harus ditolong terlebih dahulu. 

"Ini sudah bahaya. Berarti manajemen pelayanan kesehatan di Jember sudah lemah," kata Ketua APDESI Jember, Kamilludin.

APDESI Jember pun rencana menggelar aksi untuk melayangkan protes. Rencananya, aksi itu akan dihadiri oleh seluruh kepala desa di Jember.

Editor


Komentar
Banner
Banner