Kereta Cepat Whoosh

Jalur WHOOSH Mau Dipanjangin, Jakarta-Surabaya Cuma 2 Jam

Jalur kereta cepat WHOOSH bakal diperpanjang pemerintah. Jakarta ke Surabaya bakal cuma dua jam.  

Featured-Image
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan membangun fasilitas untuk penumpang disabilitas dengan berkerja sama bersama Pemerintah Provinsi atau Pemprov Jawa Barat yang tergabung dalam Motor Disable Federation (Modif) Indonesia. apahabar.com/Tito

bakabar.com, JAKARTA - Jalur kereta cepat WHOOSH bakal diperpanjang pemerintah. Jakarta ke Surabaya bakal cuma dua jam.  

"Insyaallah bisa," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers akhir tahun di Gedung Kemenhub, Rabu (20/12). 

Keyakinan itu, kata dia, berdasar pengalaman susah mudahnya pembangunan, mendesain, membebaskan tanah, meng-instal, mengoperasikan, hingga mengomunikasikan proyek WHOOSH ke masyarakat.

Baca Juga: Bukan Kaleng-kaleng, Ketepatan Waktu Kereta Whoosh Capai 99,9 Persen!

Jakarta-Surabaya memiliki jarak sepanjang 900 kilometer. Waktu tempuhnya akan terpangkas hingga hanya sekitar 2 jam saja jika proyek perpanjangan jalur WHOOSH terealisasi.

Oleh karena itu, Budi menilai dengan perpanjangan jalur kereta cepat memberikan pilihan yang lebih ekonomis untuk masyarakat.

Baca Juga: Kecelakaan KA Feeder Whoosh: 4 Orang Tewas, Ada 2 Balita

"Jadinya ini akan kompetitif dibandingkan dengan menggunakan pesawat," tutur Budi.

Budi optimistis meski saat ini terdapat ada keterbatasan APBN. Pembiayaan kreatif akan terus diupayakan. Yakni menggunakan creative financing.

"Nanti kami bersama-sama yang memprakarsai melakukan desain engineering lalu kita melakukan tender dan mereka yang terbaik yang akan menjadi pemenang," jelas Budi.

Editor


Komentar
Banner
Banner