Pemilu 2024

[VIDEO] KPU Yakin Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa

Tiga pasangan capres-cawapres menandatangani naskah deklarasi kampanye pemilu damai tahun 2024.

bakabar.com, JAKARTA - Tiga pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pasangan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pasangan nomor urut 2 dan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menandatangani naskah deklarasi kampanye pemilu damai tahun 2024.

Deklarasi kampanye pemilu damai tahun 2024 digelar di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin 27 november 2023.

Penandatanganan deklarasi kampanye pemilu damai merupakan komitmen yang dinyatakan oleh para peserta pemilu untuk bersama-sama melaksanakan pemilu yang sehat, melaksanakan kampanye yang sehat, tidak saling mengumbar ke negatif-an lawan politiknya, tapi mempromosikan diri dan menunjukkan hal-hal baik.

Baca Juga: [VIDEO] Deklarasi Pemilu Damai Diwarnai Penghargaan Rekor MURI

KPU meyakini tagline ‘pemilu sebagai sarana integrasi bangsa’ akan terwujud pada 14 Februari2024. Saat itu, semua partai politik di semua tingkatan, baik DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, kota akan berkompetisi mendapatkan dukungan rakyat, yang dikonversi menjadi perolehan kursi.

Pada saat itu akan diketahui partai politik yang duduk di DPRD provinsi dan kabupaten, dimana hal itu akan digunakan sebagai modal untuk pencalonan kepala daerah pada tahun 2024. Adapun ukuran pencalonkan pasangan calon kepala daerah, minimal perolehan kursi  25% untuk DPRD/ atau suara sah untuk DPRD masing-masing minimal 25%.

Kompetisi Pemilu 2024 yang serentak di tahun yang sama dengan penyelenggaraan Pilkada 2024, menjadi modal bagi parpol untuk berkompetisi secara sehat. Karena pada dasarnya, yang sekarang lawan politik, bisa jadi menjadi kawan berpolitik dalam pilkada.

Baca Juga: [VIDEO] Deklarasi Kampanye Pemilu Damai Tahun 2024

Demikian juga para calon presiden-wakil presiden, kebanyakan pernah terlibat di pemerintahan. Dengan demikian, saling sindir diharapkan berkurang, karena sama-sama tahu titik lemah dan titik kuat masing-masing.

Penyelenggaraan kampanye selama 75 hari ke depan, pemungutan penghitungan suara, hingga hasil akhir pemilu 2024 tidak bisa dikerjakan oleh KPU sendirian. KPU harus bekerja sama dengan Bawaslu, DKPP juga peserta pemilu, baik parpol maupun peserta pemilu presiden, pimpinan pemerintahan hingga para penegak hukum.

Deklarasi kampanye pemilu damai tahun 2024 merupakan momentum penting bagi anak bangsa, sesama peserta pemilu untuk berkolaborasi menyelenggarakan pemilu berdasarkan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Video Journalist: Tim Redaksi
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner