Pemilu 2024

[VIDEO] Kesiapan Debat Capres Perdana Pemilu 2024

Debat capres perdana digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12) di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada Pukul 19.00 WIB.

bakabar.com, JAKARTA - Debat capres perdana akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12). Debat akan berlangsung di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada Pukul 19.00 WIB.

Debat dihadiri tiga pasangan calon, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Debat juga diikuti oleh 11 panelis.

Debat perdana mengusung tema tentang pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat capres akan berlangsung selama 150 menit. Rinciannya, durasi debat dengan total 120 menit dibagi menjadi 6 segmen dan sisanya 30 menit untuk pariwara.

Baca Juga: Datang Debat Capres, Prabowo Senyum-Senyum

Debat capres akan dimulai dengan pemaparan visi dan misi sesuai tema yang ditetapkan. Capres bisa saling sanggah pada segmen kedua, ketiga, keempat dan kelima. Pada sesi terakhir, khusus untuk penyampaian pernyataan penutup dari masing-masing capres.

Sesuai amanah UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, KPU pada masa kampanye akan menggelar debat calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pemilu tahun 2024 sebanyak lima kali.

Kampanye pemilu merupakan salah satu tahapan penting, mengingat para peserta pemilu berusaha untuk menyakinkan pemilih. Undang-undang pemilu telah mengamanatkan KPU untuk memfasilitasi metode kampanye, salah satunya, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Video Journalist: Bambang Susapto
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner