Pemilu 2024

[VIDEO] Jelang Pemilu, Pimpinan DPR Ingatkan Netralitas TNI

Jenderal Agus Subiyanto resmi disahkan menjadi Panglima TNI oleh DPR RI melalui rapat paripurna ke sembilan, masa persidangan dua, tahun sidang 2023-2024.

bakabar.com, JAKARTA - Jenderal Agus Subiyanto resmi disahkan menjadi Panglima TNI oleh DPR RI melalui rapat paripurna ke sembilan, masa persidangan dua, tahun sidang 2023-2024. Rapat paripurna digelar pada selasa (21/11) di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Rapat yang dipimpin ketua DPR RI Puan Maharani, mengesahkan Agus sebagai Panglima TNI, menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun.

Dalam pidatonya, Puan menekankan tentang pentingnya menjaga netralitas TNI. Hal itu diperlukan demi terwujudnya pemilihan umum 2024 yang jujur dan adil.

Baca Juga: [VIDEO] Jenderal Agus Subiyanto Dilantik Jokowi jadi Panglima TNI

Pada kesempatan itu, Jenderal Agus menegaskan, TNI sudah memiliki undang-undang yang mensyaratkan agar bersikap netral di pemilu. Selanjutnya, jika ada anggota TNI/ Polri yang terlibat politik praktis, pihaknya akan menindak tegas.

Sebelum pengesahan Panglima TNI, Komisi I DPR terlebih dahulu menyerahkan hasil fit and proper test calon Panglima TNI kepada pimpinan DPR.

Video Journalist: Andini Dwiutari
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor


Komentar
Banner
Banner