Raja Narkoba Miming

Usut Beking Raja Narkoba Fredy Banjarmasin, Pakar: Ada Aktor Besar

Pakar Hukum Universitas Mulawarman, Orin Gusta Andini menuding adanya beking kuat di balik sosok raja narkoba Banjarmasin, Fredy Miming.

Featured-Image
Penyidik Mabes Polri dan Polda Kalsel menyegel resto Shanghai Palace yang diduga terkait sindikat perdagangan narkoba internasional, Fredy Pratama.

bakabar.com, JAKARTA - Pakar Hukum Universitas Mulawarman, Orin Gusta Andini menuding adanya beking kuat di balik sosok raja narkoba Banjarmasin, Fredy Miming.

Kata dia, bukan tidak mungkin. Pasalnya, seorang Kasat Narkoba Polres Lampung Selatan, AKP Andri Gustami justru menjadi kaki tangannya Miming.

"Ini sulit ditepis karena dari rentetan peristiwa itu memamg sudah melibatkan oknum kepolisian," ujar Orin saat dihubungi bakabar.com, Kamis (21/9).

"Jadi memamg bisa saja keterlibatan itu masih sangat memungkinkan ada aktor yang lebih besar berperan," tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Gelar Ratas Bahas Raja Narkoba Banjarmasin Fredy Miming

Menurutnya dari rentetan nama yang terseret kasus bandar narkoba triangle itu, mulai dari oknum polisi hingga selebgram. Hal itu menunjukan adanya orang yang berkuasa di balik Fredy Miming.

"Nah kalau biasanya kita lihat artis atau orang yang punya pamor di publik itu diciduk sebagai pelaku penyalahgunaan," kata Orin.

"Tapi kasus ini justru selebgram-selebgram juga jadi jaringannya. Nah ini bisa jadi ya indikasi bahwa yang terlibat bisa lainnya orang-orang yang lebih punya power," tambahnya.

Ketua Pusat Studi Anti Korupsi (SAKSI) FH Unmul itu juga menilai bahwa peran negara sangat besar dalam pengungkapan kasus kelas kakap itu.

Baca Juga: Lewat Mertua Fredy Miming Banjarmasin Menjelma Raja Narkoba

Tentunya dengan hasil bisnis narkoba yang  menjanjikan kekayaan, akhirnya membuat masyarakat tergiur untuk turut bergabung.

"Jadi ini juga penting dan menjadi PR bagi negara. Bagaimana caranya merampas aset-aset dr sumber penghasilan yang illegal seperti narkotika ini. Itu kan ibaratnya aset-aset tercemar karena dihasilkan dari perbuatan jahat," tegasnya.

Untuk itu, berbicara diluar kemingkinan. Orin meminta aparat penegak hukum khususnya Mabes Polri untuk segera mengusut tuntas dan menangkap Fredy Miming.

"Yang jelas usut tuntas semua yang terlibat baik sebagai yang turut serta melakukan ataupun melakukan pembantuan," pungkasnya.

Baca Juga: Kompolnas: Sanksi Berat Anggota Polri yang Bekingi Fredy Miming

Diketahui, sampai saat ini Fredy Pratama alias Miming alias Fredy Miming masih diburu interpol dari empat negara.

Tidak hanya Indonesia, tapi juga pihak kepolisian dari Royal Malaysia Police, Royal Thai Police, dan US-DEA.

Interpol memburunya sejak dikabarkan bersembunyi di The Golden Triangle atau Segitiga Emas yang merupakan surga bandar narkotika di Asia Tenggara.

Miming diduga mengontrol pasar gelap narkoba Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin, sejak 2013.

Miming, yang berasal dari Banjarmasin, Kalsel pun telah lama masuk daftar buronan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Baca Juga: POPULER SEPEKAN: Heboh Sindikat Fredy Miming hingga Ekspor Gelap Nikel ke China

Ia diduga masih bersembunyi di Thailand dan telah melakukan operasi plastik untuk menghindari kejaran polisi. Nur bukan satu-satunya selebgram yang ditahan polisi. Sebelum Nur ada nama Adelia Putri asal Lampung yang juga kerap memamerkan gaya hidup mewahnya di media sosial. 

Editor
Komentar
Banner
Banner