SKB Series Grasstrack Seri IV

Usai Diresmikan, Sirkuit MX-GTX Laburan Tabalong Gelar SKB Series Grasstrack Seri IV

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meresmikan Sirkuit MX-GTX Laburan di Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta, Minggu (17/9).

Featured-Image
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani berkesempatan menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba disalah satu kelas. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani meresmikan Sirkuit MX-GTX Laburan di Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta, Minggu (17/9).

Peresmian sirkuit tersebut langsung ditandai dengan digelarnya kejuaraan SKB Series Grasstrack Seri IV 2023 yang berlangsung dari 16 hingga 17 September ini. 

Ada belasan kelas yang dipertandingkan, mulai kelas bebas, khusus Kalsel hingga lokal Tabalong. Pada kejuaraan tersebut para juara bakal mendapatkan uang pembinaan yang cukup besar.

Anang Syakhfiani mengatakan, sirkuit ini berada di Taman Menanti Laburan.

"Tahun 2022 adalah taman wisata ke-6 yang paling banyak dikunjungi di Indonesia sehingga mendapatkan penghargaan dari wakil presiden," ungkapnya.

Baca Juga: Sirkuit Jorong Tanah Laut Siap Gelar Grasstrack Kalsel Series 2023

Anang melanjutkan, apa yang dilakukan Kades Padang Panjang terdahulu, H Sokhidin, dan dilanjutkan Kades sekarang, Bumukti, sangat luar biasa.

"Kekompakan keduanya harus kita contoh, meski Sokhidin tidak jadi kades lagi beliau kini menjabat Direktur BUMDes Maju Jaya dan Ketua Otomotif Laburan Motor Sport," bebernya.

Untuk itulah, lanjut Anang, Pemkab Tabalong memberikan dukungan penuh terhadap taman wisata termasuk sirkuit ini.

Terkait digelarnya SKB Series Grasstrack Seri IV 2023, Anang memberikan apresiasi kepada IMI Kalsel yang telah membuat terobosan luar biasa sehingga sirkuit ini menjadi sirkuit yang representatif di Kalsel.

Baca Juga: Grasstrack HUT ke-77 Bhayangkara di Balipat Binuang, Rizky Sandang Juara Umum

"Untuk itu saya minta kembangkan sirkuit ini dan jadikan sirkuit yang hijau karena disini panas, di bawahnya ada minyak ada batubara. Saya berharap kepada kades dan Direktur BUMDes agar menghidupkan sirkuit dan taman wisata berbarengan, jangan di sirkuit tetapi taman ditinggalkan," ungkap Anang.

Terpisah, Kepala Desa Padang Panjang, Bumukti, mengatakan dibangunnya sirkuit ini selain menghidupkan olahraga juga untuk menarik wisatawan berkunjung ke taman.

"Sehingga secara otomatis akan menggerakan UMKM yang ada di sini," jelasnya.

Bumukti berharap ke depan Pemkab Tabalong melalui dinas terkait bisa melakukan support terhadap pihaknya.

Baca Juga: Melihat Persiapan Kejurnas Grasstrack Putaran Kedua di Kalsel

"Di daerah ini kan ada lima sirkuit termasuk yang kita punya. Harapannya bisa duduk bareng untuk menggelar kejuaraan khusus untuk lokal Tabalong," sebutnya.

Keberadaan sirkuit di Padang Panjang sendiri diharapkan menjadi motor penggerak berkembangnya UMKM.

"Untuk itulah kami akan memperindah sirkuit ini, sehingga keberadaannya tidak hanya untuk balap tetapi juga bisa menjadi daya tarik wisata seperti spot foto dan menampung seluruh UMKM di sini," pungkas Bumukti.

Editor


Komentar
Banner
Banner