Sport

Ukraina Lolos ke Perempat Final, Bukti Peringkat Tiga Terbaik Bukan Posisi Terburuk

apahabar.com, JAKARTA – Fakta unik terjadi di Euro 2020, menyusul keberhasilan Ukraina menjadi negara terakhir yang…

Featured-Image
Selebrasi Artem Dovbyk seusai menjadi penentu kemenangan Ukraina atas Swedia di babak 16 besar Euro 2020. Foto: Suara

bakabar.com, JAKARTA – Fakta unik terjadi di Euro 2020, menyusul keberhasilan Ukraina menjadi negara terakhir yang lolos ke perempat final, Rabu (30/6) pagi.

Ukraina sukses membalik prediksi sejumlah pengamat sepakbola, ketika berhasil mengalahkan Swedia dengan skor 2-1 di Hampden Park.

Gol pertama skuat asuhan Andriy Shevchenko ini dicetak Oleksandr Zinchenko di menit 27, setelah menerima umpan matang Andriy Yarmolenko.

Menjelang turun minum, Swedia mencetak gol balasan lewat tembakan Emil Forsberg dari luar kotak penalti.

Namun hingga waktu normal berakhir, kedua negara gagal mendapatkan gol kedua dan membuat pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Swedia mendapat kerugian di babak tambahan. Bek Marcus Danielson mendapat kartu merah akibat menerjang kaki Artem Biesiedin di menit 98.

Akhirnya Ukraina mendapat gol di ujung waktu babak tambahan lewat sundulan Artem Dovbyk yang memanfaatkan umpan silang Oleksandr Zinchenko.

Ukraina pun lolos ke perempat final Piala Eropa untuk kali pertama. Mereka sudah ditunggu Inggris yang lolos dengan menyingkirkan Jerman.

Kelolosan Ukraina menyisakan fakta unik, terkait status mereka sebagai peringkat ketiga terbaik di fase grup.

Kecuali Portugal yang dikalahkan Belgia di babak 16 besar, semua negara peringkat ketiga terbaik berhasil mencapai perempat final.

Selain Ukraina, negara peringkat ketiga terbaik yang sudah lolos ke perempat final adalah Swiss dan Republik Ceko.

Seperti diketahui Republik Ceko mendepak Belanda melalui skor 2-0, dilanjutkan Swiss yang membuat kejutan dengan menyingkirkan Prancis.

Berbeda dengan Swiss dan Republik Ceko yang mengemas nilai 4 di klasemen akhir grup, peluang kelolosan Ukraina ke babak 16 besar terbilang paling kecil.

Mereka mungkin sudah bersiap-siap pulang, lantaran hanya mengoleksi 3 poin hingga matchday terakhir grup.

Ukraina baru dipastikan lolos ke babak 16 besar, setelah menunggu seluruh hasil matchday terakhir di Grup E dan F.

Kelolosan Ukraina juga terbantu kemenangan Spanyol atas Slovakia dengan skor 5-0 di matchday terakhir Grup E.

Kekalahan itu membuat Slovakia finis di peringkat ketiga Grup E dengan nilai 3, sama dengan Ukraina yang merupakan peringkat ketiga Grup C.

Namun Ukraina yang dinyatakan memenuhi kriteria peringkat tiga terbaik, karena unggul selisih gol. Mereka memiliki selisih gol -1, sedangkan Slovakia -5.



Komentar
Banner
Banner