Olahraga

Antar Kirgistan Imbangi Oman, Instagram Joel Kojo Dibanjiri Warganet Indonesia

Nama Joel Kojo mendadak menjadi trending di kalangan warganet Indonesia, setelah striker Timnas Kirgistan ini mencetak gol di pertandingan penutup grup F Piala

Featured-Image
Nama Joel Kojo mendadak menjadi trending di kalangan warganet Indonesia, setelah striker Timnas Kirgistan ini mencetak gol di pertandingan penutup grup F Piala Asia 2023, Jumat (26/1) dini hari. Foto: Instagram Joel Kojo

bakabar.com, DOHA - Nama Joel Kojo mendadak menjadi trending di kalangan warganet Indonesia, setelah striker Timnas Kirgistan ini mencetak gol di pertandingan penutup grup F Piala Asia 2023, Jumat (26/1) dini hari.

Kojo mencetak gol di menit 80, seusai memanfaatkan blunder kiper dan bek Oman. Gol ini membuat pertandingan berakhir 1-1.

Itu juga gol perdana Kojo dan Kirgistan di Piala Asia 2023, sekaligus membantu Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar.

Akibat hasil imbang tersebut, Oman tertahan di posisi keenam klasemen peringkat tiga terbaik dengan 2 poin dan gagal lolos ke babak 16 besar. Sedangkan Indonesia berada di urutan dengan 3 poin.

Tidak lama setelah pertandingan usai, akun Instagram milik Joel Kojo langsung dibanjiri komentar warganet Indonesia.

Sebagian besar mengucapkan terima kasih, sekaligus mendoakan yang terbaik untuk karier sang pemain. Pun pengikut akun Kojo meningkat drastis dari awalnya 56 ribu menjadi 96 ribu.

"Bang kojo tau gak? Gak sengaja bang kojo bikin sejarah baru buat Indonesia. Terimakasih bang kojo, terimakasih banyak," tulis akun @roland***.

"Kemarilah ke Indonesia kamu mau diangkat jadi PNS katanya," canda akun @bayuadisapu***.

Baca Juga: Sejarah! Timnas Indonesia Digendong Kirgistan ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Baca Juga: Hitung-hitungan Peluang Indonesia ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

"Pemain yg muncul 100 tahun sekali,,sangat langka bakat seperti dia layak diberi gelar master piece AFF," komentar akun arif_triono***.

"Matur suwun cak, mahkota mu lagi di sortir di DC Cakung," sahut pemilik akun @labqy***.

Dilansir dari Wikipedia, Kojo lahir di Ghana dan memilih memperkuat Timnas Kyrgyzstan. Penyerang berusia 25 tahun ini sendiri memperkuat Dinamo Samarqand di Liga Uzbekistan.

Karier Kojo terbilang hijau di Timnas Kyrgyzstan, karena baru dipanggil sejak 18 Mei 2023. Sedangkan debut dibukukan 16 Juni 2023 melawan Iran.

Namun debut sebagai pemain pengganti tidak berakhir mulus, karena Kyrgyzstan kalah telak dengan skor 1-5 dari Iran.

Sementara di Piala Asia 2023, Joel Kojo juga masuk sebagai pemain pengganti kontra Thailand. Kyrgyzstan kalah dengan skor 0-2 atas Thailand.

Selanjutnya di partai kedua melawan Arab Saudi, Joel Kojo hanya duduk sebagai pemain cadangan. Baru di partai pamungkas, Kojo dipercaya sebagai starter dan mencetak gol.

Adapun di level profesional, Joel Kojo pernah menjadi top skorer Liga Kirgistan 2018 dengan 28 gol. Catatan ini dibukukan semasa memperkuat FC Alay Osh.

Kemudian di musim 2022, Joel Kojo juga mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak untuk Dordoi Bishkek. Lanta sejak 27 Februari 2023, Kojo resmi bergabung dengan Samarkand.

Editor


Komentar
Banner
Banner