Olahraga

Kalah 1-3 dari Jepang, Kans Indonesia Makin Kritis di Piala Asia 2023

Meski memberikan perlawanan alot, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang di pertandingan terakhir grup D Piala Asian 2023, Rabu (24/1) malam.

Featured-Image
Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang di pertandingan terakhir grup D Piala Asian 2023, Rabu (24/1) malam. Foto: AFC

bakabar.com, DOHA - Meski memberikan perlawanan alot, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang di pertandingan terakhir grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1) malam.

Jepang sudah unggul di menit 6 melalui tendangan penalti Ayase Ueda. Aksi Jordi Amat yang mencengkeram badan Ueda, harus dibayar mahal.

Wasit Khamis Mohammed Al Marri tidak langsung menunjuk titik putih seusai insiden, tetapi berdiskusi dengan wasit VAR.

Setelah mencetak gol, Jepang terus menekan pertahanan Indonesia. Namun lini pertahanan Indonesia terbilang cukup rapat.

Sebaliknya Indonesia kesulitan untuk membangun serangan, karena minim mengusai bola. Hal ini otomatis membuat tak banyak serangan yang bisa dilakukan.

Hingga pertandingan memasuki menit 25, Timnas Indonesia masih kesusahan memberikan ancaman ke gawang Jepang yang dikawal Zion Suzuki.

Memasuki menit 31, Marselino Ferdinan berhasil menerobos sisi kanan pertahanan Jepang. Namun crossing yang dilepas Marselino bisa dipotong Yuta Nakayama.

Malah Jepang nyaris menggandakan keunggulan di menit 35, seandainya tembakan Keito Nakamura tidak membentur tiang gawang.

Baca Juga: Jadwal Live Timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023: Kans Penentu Garuda

Baca Juga: Indonesia Diprediksi Lolos 16 Besar Piala Asia 2023, Tapi Tidak Juara

Sekitar 10 menit menjelang turun minum, Indonesia lebih mulai rutin menyerang. Namun belum satu pun ancaman berarti yang bisa dihasilkan.

Selepas turun minum, Jepang masih mendominasi atas Indonesia. Mereka hanya butuh 6 menit lagi untuk mendapatkan gol kedua.

Lagi-lagi Ayase Ueda kembali menjebol gawang Indonesia. Striker bernomor 9 ini berdiri bebas di tiang jauh untuk memanfaatkan umpan tarik Ritsu Doan dari kiri.

Menjelang injury timebabak kedua, Jepang mencetak gol ketiga. Ayase Ueda melepas sepakan di kotak penalti, lalu bola memantul kaki Justin Hubner dan masuk ke gawang.

Tak sampai semenit, Indonesia memperkecil ketertinggalan. Berawal dari lemparan jauh Pratama Arhan, Sandy Walsh tak terkawal di tiang jauh untuk mencetak gol.

Hasil tersebut membuat Jepang lolos ke babak 16 besar sebagai runner up grup D. Sedangkan Indonesia berada di peringkat ketiga.

Kans Indonesia sebagai peringkat tiga terbaik, sekaligus lolos ke babak 16 besar, otomatis tergantung hasil pertandingan di grup lain.

Syaratnya Yordania harus mengalahkan Bahrain dengan gol lebih banyak, atau Kirgistan minimal mampu menahan imbang Oman, Kamis (25/1).

Editor


Komentar
Banner
Banner