UFC 280

UFC 280: Islam Makhachev Juara Baru Kelas Lightweight

Islam Makhachev berhasil raih sabuk juara kelas ringan UFC 280 usai mengalahkan Charles Oliveira.

Featured-Image
Foto: UFC

bakabar.com, JAKARTA -  Islam Makhachev berhasil raih sabuk juara kelas Lightweight UFC 280 usai mengalahkan Charles Oliveira di Etihad Arena, Abu Dhabi, Minggu, (23/10).

Untuk merayakan kemenangan, Makhachev digendong di atas pundak Khabib Nurmagomedov berkeliling Octagon. Khabib sendiri berperan sebagai Cornerman di laga Main Event UFC 280 itu.

Atas pencapaiannya, murid kesayangan ayah Khabib itu kini menjadi raja baru kelas ringan UFC meneruskan seniornya, yaitu Khabib Nurmagomedov yang sudah memutuskan pensiun.

Kedekatan kedua petarung muslim ini karena mereka tinggal bertetangga di Rusia. Makhachev mengungkapkan kegembiraannya dengan mempersembahkan sabuk itu kepada Khabib dan mendiang ayahnya yang telah berjasa kepadanya.

“Saya ingin memberi sabuk ini ke dia (Khabib) dan ayahnya (Abdulmanap). Ayah dia, membuat saya bisa menjadi juara dunia,"  ungkapnya dikutip Twitter ESPN MMA @espnmma, Minggu.

Khabib memberikan pujian kepada petarung berusia 31 tahun itu, menurutnya Makhachev adalah petarung terbaik, keduanya berpelukan sebelum Khabib memberi sabuk gelar juara dunia UFC kepada Makhachev.

"Seumur hidup kami berlatih bersama, 22 tahun. Dalam beberapa tahun terakhir sudah saya katakan bahwa Makhachev bukan hanya petarung terbaik di kelas ringan, tapi juga pound for pound," ucap Khabib di atas Octagon.

Makhachev mengalahkan Oliveira di ronde kedua lewat submission atau kuncian arm triangle choke yang mengakibatkan mantan pemilik sabuk juara itu melakukan Tap Out.

Padahal petarung asal Brazil tersebut memegang catatan belum terkalahkan dalam 11 duel terakhir, sementara Makhachev berdiri sebagai penantang dengan catatan belum terkalahkan dalam 10 kali pertarungan.

Makhachev berhasil mengembalikan gelar kelas ringan yang lama dipegang Khabib Nurmagomedov, persis di lokasi sama di mana Khabib menggantung sarung tinjunya pada Oktober 2020.

Makhachev menang dengan mencatatkan 84 persen serangan sukses sedangkan Oliveira hanya 54 persen. Sang pemenang kini akan menghadapi Alexander Volkanovski untuk gelar undisputed di divisi kelas ringan.

Editor


Komentar
Banner
Banner