Relationship

Twin Flame dan Soulmate, Cek Apa Bedanya

Twin flame, sebuah istilah untuk hubungan istimewa dengan seseorang yang punya banyak kemiripan dalam jiwa mereka.

Featured-Image
Twin Flame, Ikatan Hubungan yang Memiliki Banyak Kesamaan. Foto: Shutter Stock

bakabar.com, JAKARTA - Twin flame sebuah istilah untuk hubungan istimewa dengan seseorang yang memiliki banyak kemiripan dalam jiwa mereka. Apa saja ciri-cirinya?

Istilah ini jadi perbincangan setelah disebut dalam film 'Gadis Kretek' yang tayang di Netflix. Film ini diperankan oleh Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka, dan Putri Marino.

Kata twin flame sendiri diunggah oleh sang pemeran pria utama, Ario Bayu yang berperan sebagai Raja dalam film garapan sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah.

Unggahan Ario Bayu di Instagram Mengenai Twin Flame. Foto: instagram/bayu_ario
Unggahan Ario Bayu di Instagram Mengenai Twin Flame. Foto: instagram/bayu_ario

Melalui postingan pribadi di Instagram, Ario Bayu mengunggah potret dirinya bersama Dasiyah (Dian Sastro), dan menuliskan 'Sudah ada yang tau perbedaan antara Twin Flame dan Soul Mate?'

Sontak saja postingan tersebut menjadi buah bibir di kalangan penikmat Gadis Kretek.

Tapi apa sih arti dari twin flame?

Twin Flame, Saudara Jauh Soulmate

Twin Flame. Foto: lovein90days
Twin Flame. Foto: lovein90days

Melansir Veywell Mind, Rabu (22/11), istilah twin flame atau kembar api ini merujuk pada 'mirror soul' atau kembaran jiwa, menggambarkan ideologi yang berakar pada spiritualisme zaman baru.

Konsep ini didasarkan pada sebuah premis, satu jiwa dapat menjelma menjadi dua tubuh terpisah.

Twin flame dapat bertindak sebagai cermin atau refleksi satu sama lain. Cenderung memiliki kekuatan dan kelemahan yang sama, dan merasa terhubung.

"Sangat umum menemukan sebuah koneksi instan bagi seseorang. Sering kali dapat membangun dan berkembang mengarah pada proses penemuan jati diri," kata Lastenia Francis, PhD, LMFT, seorang terapis pernikahan dan keluarga, dikutip Veywell Mind.

Twin flame hampir mirip dengan soulmate, keduanya didefinisikan sebagai belahan jiwa. Bedanya, twin flame memiliki hubungan bersifat platonis, berhubungan erat dengan jangka waktu yang kerap singkat.

Meski tidak ada bukti ilmiah mengenai hal ini, tapi beberapa ahli menjelaskan bahwa, twin flame atau api kembar adalah sebuah konsep mengenai hubungan jiwa yang intens, kuat dan mendalam antara dua individu.

"Twin flame seperti cermin yang disodorkan pada kita, yang memungkinkan tumbuh, mengembangkan diri, dan menghilangkan trauma," kata Kailani Raye, hipnoterapis.

Tanda-tanda Twin Flame

Ada beberapa tanda yang dipercaya dapat menunjukkan hubungan twin flame, diantaranya adalah.

Merasa Terhubung dan Akrab dengan Mereka, Twin flame memiliki daya tarik magnetis pada orang tersebut, yang terikat oleh pikiran, tubuh, dan jiwa. Seolah-olah sudah saling mengenal sejak lama.

Terasa Sangat Mengenal Mereka

Twin flame kerap dikaitkan seperti sebuah cermin, dimana hubungan yang memiliki banyak kesamaan, dan merasakan keakraban dan keamanan di hadapan mereka.

Merasakan Ikatan yang Kuat

Ada keterhubungan yang kuat, rasa memiliki dan kerinduan dalam hubungan ini. Beberapa mungkin bersifat platonis dan romantis.

Memiliki Kesamaan dan Perbedaan yang Saling Melengkapi

Twin flame memiliki banyak kesamaan, dan perbedaan yang membuat mereka dapat melengkapi satu sama lain. Sehingga membantu mereka memproses trauma dan tumbuh pulih bersama.

Ingin Tumbuh dan Menjadi Lebih Baik Bersama

Tujuan dari hubungan ini adalah membantu seseorang menjadi pribadi dan pertumbuhan jiwa yang lebih baik.

Ilustrasi Twin Flame. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi Twin Flame. Foto: Shutter Stock

Bertemu dengan mereka dapat memicu potensi dan gairah yang belum tergali dalam diri seseorang. Mereka kerap mengajarkan pengalaman mendalam yang membantu tumbuh menjadi lebih baik.

Menemukan twin flame tak langsung begitu saja, beberapa di antara mereka memiliki tingkatan tersendiri mulai dari pertemuan, obsesi terhadap satu sama lain hingga berakhirnya hubungan tersebut.

Ya, hubungan twin flame memiliki kemungkinan besar akan berakhir dengan perpisahan, terlebih jika hubungan tersebut memiliki toksik tersendiri. Para ahli menemukan bahwa hubungan yang tidak stabil bertahan rata-rata dua tahun.

Editor
Komentar
Banner
Banner