News

Tuntutan 10 Tahun, Upaya Jegal Mardani H Maming di Kancah Politik?

Usai mengemban jabatan bupati, Maming kemudian terpilih sebagai ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau Hipmi.

Featured-Image
Mardani H Maming. Foto: Instagram @MHM.

bakabar.com, JAKARTA - Di usia 41 tahun, sederet jabatan diemban Mardani H Maming, mantan Bupati Tanah Bumbu periode 2010-2015 dan 2016-2018. Terpilih sebagai bupati di usianya yang baru menginjak 29 tahun, Maming pun tercatat dalam rekor MURI sebagai bupati termuda di Indonesia.

Usai mengemban jabatan bupati, Maming kemudian terpilih sebagai ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI.

Tak berselang lama, memasuki medio Januari 2022, Maming menjadi orang kedua di Kalsel yang menjabat pengurus pusat Nahdlatul Ulama (NU) sebagai bendahara umum.

Namun langkah Maming yang tengah di puncak kesuksesan, terganjal perkara dugaan gratifikasi pengalihan izin usaha pertambangan (IUP) batu bara PT BPKL ke PT PCN yang terjadi pada 2011 silam.

Berbekal kesaksian Hendry Soetio, direktur PT Prolindo Cipta Nusantara yang telah tutup usia 2021 silam, KPK menetapkan Maming sebagai tersangka. Menariknya, penetapan tersebut terhitung singkat. Hanya berselang sepekan setelah KPK menerbitkan surat dimulainya penyelidikan.   

Dukungan untuk Maming

Mardani H. Maming
Mardani H. Maming usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK. bakabar.com/Ariyan Rastya

Bicara soal pengalihan IUP, terbitnya izin tersebut sedianya telah melalui kajian di tingkat daerah hingga pusat. Bahkan IUP yang dikeluarkan telah mendapat stempel clear and clean dari Kementerian ESDM.

Sekretaris PWNU Kalsel, Berry Nahdian Furqon melihat di kalangan akar rumput masyarakat masih percaya bahwa Mardani H Maming merupakan korban kriminalisasi.

"Bukan hanya grass root, namun di kalangan elite pun banyak yang yakin ini kriminalisasi," jelas Berry, Sabtu siang (14/1).

Berry sependapat dugaan kriminalisasi ini juga bertujuan agar status mantan narapidana yang melekat ke Maming agar ia tidak bisa lagi bertarung di kancah politik dan kepemimpinan lainnya.

Sementara di kancah politik, Maming adalah ketua DPD PDI-Perjuangan Kalsel, sebuah posisi yang ikut menentukan siapa calon gubernur Kalsel di kontestasi 2024.

"Tapi, itu hanya salah satunya, motif lainnya adalah pertarungan bisnis dan superioritas," jelas Berry.

"Ada seseorang yang merasa lebih kuat lebih hebat dan tidak mau ada orang lain yang melebihinya," sambungnya.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner