penegakan hukum

TPN Ganjar-Mahfud: Jangan Ada Lagi Kritik No Viral, No Justice

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Jutan Manik menyoroti respons penegak hukum yang lamban bila ada laporan dari masyarakat kecil.

Featured-Image
Webinar Apahabar Community terkait adu gagasan penegakan hukum para jubir milenial capres-cawapres. Foto: Apahabar Community.

bakabar.com, JAKARTA - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Jutan Manik menyoroti respons penegak hukum yang lamban bila ada laporan dari masyarakat kecil. Sepengalamannya jika masalah itu tidak viral di media sosial maka kasus itu tidak ditangani.

Persoalan-persoalan seperti ini yang paling dekat dengan masyarakat. Merespons tindakan penegak hukum model ini, masyarakat kemudian ilfeel terhadap penegakan hukum. Buntutnya lahir hastag-hastag yang bernada ketidakpecayaan masyarakat terhadap institusi penegak hukum.

Salah satu hastag atau jargon bernada kritik seperti 'No Viral, No Justice' atau percuma lapor ke salah satu insntitusi penegak hukum. Bagi Jutan ketidakpercayaan seperti ini terjadi karena laporan masyarakat sering diabaikan.

Baca Juga: Podcast Webinar Apahabar Community Hadirkan Jubir Capres-Cawapres

"Yang kita mau, masyarakat banyak mau adalah dalam hukum ini harus adil tanpa harus viral pun, penegakan hukum itu harus direspons secara cepat. Itu yang sangat di tunggu masyarakat," katanya Jutan dalam Webinar Apahabar Community bertajuk 'Adu Gagasan Jubir Milenial Penegakan Hukum dan HAM', Rabu (6/12).

Untuk itu, ia berharap agar penegak hukum tidak memilah-milah masalah dalam menegakan hukum, meskipun diakuinya bahwa persoalan bangsa dengan jumlah penduduk 270-an juta ini sangat banyak.

"Misalanya kita punya laporan ke polisi bagaimana polisi merespons cepat laporan kita. Memang permasalahan di negeri ini banyak. Jadi tidak hanya masalah besar-besar saja yang kita tunjukan ke publik. Mereka (masyarakat-red) juga punya masalah sendiri yang membutuhkan kehadiran negara lewat penegakan hukum," tuturnya.

Baca Juga: Mahfud MD Diragukan Bisa Berangus Oligarki Pengganggu Penegakan Hukum

Terkait itu, ia menjelaskan untuk menyelesaikan persoalan penegakan hukum ini, pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud akan bertindak sebagai panglima. Hal ini menjadi fokus mereka karena persoalan hukum yang membuat banyak kekacauan terjadi di negeri ini.

Menurutnya, masalah hukum yang kronis pernah diungkap Mantan Ketua Mahkama Konstitusi Mahfud MD. Karena itu penegakan hukum perlu menjadi perhatian serius pemerintah. Bila masalah hukum di negeri ini bisa diselesaikan maka setengah persoalan di Indonesia selesai.

"Jadi hal-hal seperti itu yang pernah diucapkan oleh calon wakil presiden di paslon nomor tiga, apabila permasalah hukum di republik ini tuntas itu sama dengan menyelesaikan setengah permasalahan bangsa Indonesia," tuturnya.

Baca Juga: Mahfud MD Ingin Libatkan Anak Muda dalam Benahi Penegakan Hukum

Jutan berpesan agar milenial turut menjadi bagian yang ikut dalam percepatan penegakan hukum di Indonesia. Baginya hukum yang baik bukan persoalan teeori tetapi bagaimana mengimplemntasikannya.

"Untuk milenial memang saya kira mereka juga melihat itu, dari semua teori yang sudah diungkap memang sudah baik, tapi yang penting dan menjadi penekanannya adalah bagaimanan akselerasinya, bagaimana percepatan penegakan hukum itu, bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," tukasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner