Banjarmasin Hits

TMMD ke-121, Kodim 1008/Tabalong Lakukan Pembangunan Jalan Ribuan Meter

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-121 di wilayah Kodim 1008/Tabalong resmi dimulai

Featured-Image
Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto didampingi Dandim 1008/Tabalong, Pj Bupati Tabalong meninjau lokasi pelaksanaan TMMD ke-121. Foto - Kodim 1008/Tabalong

bakabar.com, TANJUNG - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-121 di wilayah Kodim 1008/Tabalong resmi dimulai.

Dimulainya pelaksanaan TMMD yang akan membangun jalan sepanjang 2.400 meter dengan lebar 6 meter ditandai dengan upacara pembukaan bertempat di lapangan Pertamina EP Tanjung, Rabu (24/7).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Pj Bupati Tabalong, Hj Hamida Munawarah, sementara sebagai Komandan Upacara Kapten Inf Dwi Prayitno. 

Pada TMMD ke-121 ini, Kodim 1008/Tabalong akan membangun jalan penghubung Desa Kasiau Raya dengan Desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak yang juga menghubungkan dengan jalan nasional dengan tema ' Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah'.

Pj Bupati Tabalong,Hj Hamida Munawarah, mengatakan, kegiatan TMMD ini merupakan wujud nyata dari sinergi antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah. 

"Selama ini, program TMMD telah banyak memberikan banyak sekali manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Menurut Hamida, berdasarkan hasil evaluasi, program TMMD ini sangat besar manfaatnya dalam rangka percepatan pembangunan baik fisik maupun non fisik yang sekaligus juga memberikan dampak sangat positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat 

"Untuk itulah saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TNI, yang telah bekerja keras dan berkomitmen dalam melaksanakan kegiatan TMMD ini," ucapnya.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparat pemerintah dan masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan TMMD di Kabupaten Tabalong," sambung Hamida.

Hamida berharap kegiatan TMMD Ke-121 ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. 

"Semoga hasil dari kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Kasiau dan Desa Kasiau Raya," pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 1008/Tabalong, Letkol Inf Budi Sanjaya Galih, mengatakan, kegiatan TMMD ke-121 ini dilaksanakan selama 30 hari ke depan.

Kegiatan berupa fisik membuat jalan penghubung dua desa di wilayah Kecamatan Murung Pudak sepanjang 2.400 meter dengan lebar 6 meter, pemasangan gorong-gorong di empat titik, penimbunan jalan dan penghamparan base course.

"Kemudian, sasaran fisik tambahan berupa rehab 1 masjid, rehab 3 rumah tidak layak huni dan MCK dan pembuatan 3 sumur bor di tiga titik ketahanan pangan dan penanaman pohon,"  beber Budi.

Selain sasaran fisik tersebut, ada juga sasaran non fisik seperti  penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan, bela negara, keluarga berencana, stunting dan juga sosialisasi bersama polri di desa- desa.

Menurut Budi, dipilihnya Desa Kasiau Raya dan Kasiau sebagai lokasi TMMD ke-121 karena di Desa Kasiau Raya berdasarkan data merupakan wilayah dengan pembangunan tertinggal, serta adanya keresahan masyarakat akan akses jalan yang jauh dan sulit dilalui. 

"Melalui TMMD ini bertujuan untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat melalui pembangunan insfrastruktur jalan sehingga lebih efisien waktu dan jarak karena tidak perlu lagi memutar jauh, meningkatkan hasil produksi dan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.

Hadir pada acara pembukaan TMMD ke-121 di Tabalong, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto dan Forkopimda Tabalong.

Editor


Komentar
Banner
Banner