Tips Mudik

Tips Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Bugar saat Mudik

Menjaga kondisi tubuh tetap bugar merupakan hal yang perlu diperhatikan selama mudik.kondisi tubuh tetap bugar

Featured-Image
Tips menjaga kondisi tetap fit saat mudik Lebaran. (Foto: apahabar.com/Rafi)

bakabar.com, JAKARTA - Menjaga kondisi tubuh tetap bugar dan fit merupakan hal yang perlu diperhatikan selama mudik. Selain istirahat yang cukup, Anda bisa melakukan hal-hal berikut selama perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Dilansir dari The Real Driving Center (RDC) Indonesia pada Jumat (21/4), berikut tips menjaga tubuh tetap bugar selama mudik.

Konsumsi makanan sehat

Selain istirahat cukup, mengatur konsumsi makanan sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit khususnya saat mudik.

Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein, seperti roti gandum, daging ayam, sayuran, dan buah-buahan.

Baca Juga: Mudik Aman saat Hujan, Waspada Terjadi Aquaplanning di Jalan Tol

Jika bisa, hindari makanan yang terlalu berlemak, terlalu banyak gula atau caffein karena bisa membuat tubuh merasa lelah dan tidak nyaman.

Jaga cairan tubuh

Mudik sambil berpuasa dapat menyebabkan kurangnya cairan dalam tubuh, yang dapat membuat tubuh cepat merasa lelah dan tidak fokus sehingga dapat membahayakan pengemudi.

Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga cairan tubuh dengan meminum air secukupnya saat sahur dan berbuka.

Olahraga ringan

Selain menjaga pola makan dan minum, melakukan olahraga ringan sebelum memulai perjalanan dapat membantu tubuh tetap bugar.

Baca Juga: H-2 Lebaran, ASDP Seberangkan 90.682 Pemudik menuju Bakauheni

Akan tetapi, jika merasakan letih akibat duduk terlalu lama, istirahatlah di rest area dan lakukanlah peregangan otot atau berjalan sejenak untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot dan aliran darah dapat kembali lancar

Selain otot, Anda juga perlu mengistirahatkan pikiran agar badan tidak lemas dan otak dapat kembali segar ketika melanjutkan perjalanan.

Gunakan pakaian yang nyaman

Meski simpel, mengenakan pakaian yang nyaman dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama berkendara.

Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar agar perjalanan mudik semakin lancar.

Baca Juga: Cerita Pemudik dari Bangka ke Brebes Naik Bajaj: Lebih Hemat!

Disarankan untuk mengunakan pakaian yang nyaman dan mudah bergerak sehingga tubuh tidak merasa kaku atau tertahan selama perjalanan.

Tidak mengonsumsi minuman beralkohol

Berkendara mobil menuntut konsentrasi tinggi dan kondisi tubuh yang baik. Oleh sebab itu, hindari mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Selain membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain, mengemudi mobil dalam pengaruh alkohol juga dapat diancam hukuman sanksi dan juga kurungan.

Hal tersebut tertulis dalam Pasal 311 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa Setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp3.000.000,00 (tiga juta rupiah).

Baca Juga: Pemotor Jangan Bonceng 3 Orang dan Bawa Barang Berlebih saat Mudik

Jika dampak yang ditimbulkan atas kelalaian tersebut lebih besar maka hukuman sanksi dan denda pun akan lebih besar.

Itu dia beberapa tips menjaga kondisi tubuh tetap bugar saat perjalanan pengemudi mudik selain istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat!

Editor
Komentar
Banner
Banner