Tips Otomotif

Tips Bikin Mobil 'Tetap Sehat' setelah Dipakai Mudik Lebaran

Ketika dipakai mudik Lebaran, mobil dipaksa bekerja keras membawa banyak muatan, berhadapan dengan kondisi jalan yang berat, hingga terjebak macet.

Featured-Image
Supaya kembali prima setelah dipakai mudik, para pemilik sebaiknya menerapkan 'gaya hidup sehat'. Foto: dok. Auto2000

bakabar.com, JAKARTA – Ketika dipakai mudik Lebaran, mobil dipaksa bekerja keras membawa banyak muatan, berhadapan dengan kondisi jalan yang berat, melaju di tengah terik matahari, melewati hujan, hingga terjebak macet berjam-jam.

Supaya kembali prima setelah dipakai mudik, para pemilik sebaiknya menerapkan gaya hidup sehat yang membuat mobil balik lagi ke performa terbaiknya.

Dikutip dari laman resmi Auto2000, Selasa (25/4), ada beberapa langkah yang harus dilakukan setelah mobil dipakai mudik dan libur lebaran.

“Gaya hidup sehat wajib diterapkan pada kendaraan yang telah selesai menunaikan tugas di masa mudik dan libur Lebaran. Dengan begitu, kondisi seluruh komponennya tetap terjaga dengan baik dan sanggup bekerja optimal," kata Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000.

Periksa “Cairan Tubuh” Mobil

Cairan yang kurang akan membuat kinerja komponen mobil menurun. Cairan yang kotor juga akan mempersulit peredarannya dan membuat kinerja komponen terganggu.

Dalam jangka waktu panjang dapat membahayakan karena sanggup memicu karat, membuat saluran bocor, atau menyumbat sehingga mobil mogok bahkan kecelakaan.

Contohnya, masalah pada cairan rem dapat membuat rem gagal fungsi dan blong saat dioperasikan.

Baca Juga: Chery Rilis Omoda EV dan Jaecoo secara Global di Auto Shanghai 2023

Gunakan Oli Mesin Genuine

Untuk pelumas Toyota Motor Oil (TMO) diklaim sanggup menjaga performa dan keawetan mesin, karena telah disesuaikan dengan karakter dan spesifikasi dapur pacu mobil serta kondisi iklim tropis Indonesia.

Selain oli mesin, produk TMO lain juga ada dan bisa dibeli lewat Auto2000 Digiroom.

Mengisi Bahan Bakar yang Sesuai

Bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrikan, baik untuk mesin bensin atau diesel, akan menjaga efisiensi mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal dan irit konsumsi Bahan bakar.

Bahan bakar yang sesuai juga menjaga usia pakai mesin karena mencegah kerusakan komponen akibat timbulnya kotoran yang dipicu oleh kinerja BBM yang tidak sesuai.

Baca Juga: Toyota Sediakan 65 Unit bZ4X untuk ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo

Lakukan Servis Berkala

Servis berkala memastikan seluruh komponen mobil selalu terawat dengan baik untuk mencegah masalah di jalan.

Komponen mobil yang aus, rusak, dan sudah waktunya diganti akan diganti dengan parts baru yang sesuai standar kualitas Toyota dan dilengkapi garansi pemakaian.

Safety Driving dan Eco Driving di Jalan

Gaya hidup sehat lainnya yang wajib dijalankan sekembali dari mudik Lebaran adalah mengemudi sesuai kaidah safety driving untuk mencegah kecelakaan.

Prinsip eco driving dijalankan supaya mobil dapat bekerja efisien dalam menghasilkan tenaga tanpa menguras konsumsi bensin.

Safety dan eco driving juga menjaga keawetan onderdil mobil karena tidak dipaksa bekerja keras di jalan.

Baca Juga: Toyota Siapkan 11 Posko Siaga dan 297 Bengkel selama Mudik Lebaran 2023

Gaya Hidup Sehat Pemilik Mobil

Sedikit mengabaikan gaya hidup sehat, banyak orang yang memanfaatkan momen Lebaran untuk menikmati makanan dan minuman yang lezat namun kurang baik karena dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Termasuk, membuat berat badan naik sehingga membuat tubuh terasa tidak nyaman, tidak bersemangat, dan mudah lelah. Diantara solusinya adalah diet dan olahraga sesuai kebutuhan tubuh.

Editor


Komentar
Banner
Banner