Tiket Kereta Api

Tiket Mudik Hampir Habis, 59 Kereta Api Daop 9 Jember Siap Beroperasi

Tiket kereta api untuk mudik Lebaran Idul Fitri 2023 di KAI Daop 9 Jember hampir habis. Bahkan sebagian periode perjalanan sudah habis terjual untuk mudik.

Featured-Image
Kereta Api di Daop 9 Jember siap beroperasi sambut pemudik/Dok Daop 9 Jember

bakabar.com, JAKARTA - Tiket kereta api untuk mudik lebaran Idulfitri 2023 di KAI Daop 9 Jember hampir habis. Bahkan sebagian periode perjalanan sudah laku terjual untuk mudik keberangkatan dan arus balik.

Vice President KAI Daop 9 Jember Mulyani mengungkapkan pemeriksaan jalur kereta api telah dilakukan untuk memastikan keamanan perjalanan kereta. Selain itu, 10 lokomotif dan 59 kereta KAI Daop 9 Jember telah dinyatakan layak beroperasi.

"Hari ini dilakukan perawatan periodik terhadap lokomotif yang nanti akan digunakan dalam arus mudik untuk melayani pelanggan agar keandalannya terjaga," ungkap Mulyani, melalui keterangan tertulis dikutip bakabar.com, Rabu (5/4).

Perawatan lokomotif maupun kereta yang dimiliki oleh KAI dilakukan secara periodik 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan. Untuk perawatan periodik 1-12 bulan dilakukan di Dipo Lokomotif maupun Dipo Kereta, sedangkan perawatan 24 bulan dilakukan di Balai Yasa di Yogyakarta dan untuk kereta di Yasa Surabaya Gubeng.

Baca Juga: Rute Maros - Rammang-Rammang Sulsel, Jokowi: Keretanya Bagus dan Nyaman

Sebelumnya pada 14-17 Maret 2023, tim dari Ditjen Perkeretaapian melakukan ramp check atau pemeriksaan lapangan terhadap sarana yang dimiliki oleh Daop 9 Jember. Hasilnya 10 lokomotif dan 59 kereta penumpang dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak operasi.

"Dengan sarana yang andal, penumpang akan merasa nyaman dan kereta api bisa berangkat serta tiba di tujuan dengan aman, selamat tepat waktu," katanya.

Daop 9 Jember juga menyediakan 168.960 tempat duduk, dengan jumlah tempat duduk yang tersedia perhari mencapai 7.680 dalam 18 perjalanan KA.

Plt Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember Azhar Zaki Assjari menyebut per Selasa 4 April 2023, sebanyak 142.785 tiket atau 85 persen dari total tempat duduk yang tersedia telah dipesan untuk keberangkatan selama 22 hari masa angkutan lebaran tahun 2023.

Baca Juga: Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023 Terjual 45 Persen di Solo

“Masih tersisa sekitar 26.175 tempat duduk yang dapat dipesan oleh masyarakat baik, untuk arus mudik maupun balik,” jelas Azhar.

Mayoritas keberangkatan KA dari wilayah Daop 9 Jember, tiketnya sudah habis terjual mencapi100 persen, diantaranya untuk jadwal keberangkatan pada Selasa 18 April sampai Jumat 21 April 2023. Sementara arus balik mulai dari Senin 24 April hingga Rabu 26 April 2023.

Beberapa jadwal kereta api yang tiketnya sudah terjual habis, diantaranya KA Ranggajati dari Cirebon tujuan Jember. Kemudian KA Wijayakusuma relasi Ketapang – Cilacap dan sebaliknya, KA Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang – Ketapang, serta Tawangalun relasi Ketapang – Malang Kota Lama dan sebaliknya.

Baca Juga: KAI Sediakan Tiket Kereta Api Tambahan Jelang Mudik, Simak Jadwal dan Rutenya!

“Khusus untuk KA Sritanjung dan KA Probowangi keberangkatan Stasiun Ketapang maupun sebaliknya, tiketnya terjual 100 persen dari 14 April – 1 Mei 2023. Diluar jadwal dan relasi KA yang sudah disebutkan, tiket masih tersedia,” kata Azhar.

Sedangkan untuk KA Pandanwangi relasi Jember – Ketapang PP yang masuk kategori KA lokal, tiket untuk keberangkatan tanggal 12 April 2023 (H-10) sudah bisa dipesan mulai Rabu (5/4) atau H-7 sebelum keberangkatan.

Editor
Komentar
Banner
Banner