Hot Borneo

Tiga Desa di Kapuas Ikuti Seleksi Inovasi Teknologi Tepat Guna

Sebanyak tiga desa di Kabupaten Kapuas, Kalteng mengikuti seleksi inovasi pengembangan dan penerapan Tekhnologi Tepat Guna (TTG) dan penunjukan TTG unggulan, Ra

Featured-Image
FOTO: Seleksi inovasi pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna (TTG) Kabupaten Kapuas tahun 2023. Foto-Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Sebanyak tiga desa di Kabupaten Kapuas mengikuti seleksi inovasi pengembangan dan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dan penunjukan TTG unggulan, Rabu (1/3).

Seleksi inovasi pengembangan teknologi tepat guna tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas di Aula Kantor DPMD, Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas.

"Seleksi ini dilaksanakan dalam rangka kita mengikuti lomba gelar inovasi pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna tingkat Provinsi Kalteng pada 3-4 Maret 2023," kata Kepala Dinas DPMD Kapuas, Budi Kurniawan.

Budi bilang untuk Kapuas hanya ada 3 desa yang mengikuti seleksi lomba inovasi TTG yaitu Desa Lunuk Ramba, Desa Bungai Jaya dan Desa Basarang.

Inovasi TTG Desa Lunuk Ramba adalah pembuatan pupuk asap cair dan alat pemupuk nanas.

Desa Bungai Jaya pembuatan mesin pengembur tanah. Sedangkan Desa Basarang pengembangan aplikasi web.

"Dari empat inovasi itu nantinya akan dipilih satu inovasi untuk mewakili Kabupaten Kapuas mengikuti lomba inovasi TTG tingkat Provinsi Kalteng," ujar Budi Kurniawan.

Mantan Kepala Dinas Sosial Kapuas ini menjelaskan kegiatan lomba TTG merupakan salah satu wadah bagi masyarakat desa untuk melihat permasalahan yang ada di desa sehingga muncul inovasi-inovasi.

"Melalui permasalahan itulah akhirnya muncul inovasi-inovasi yang dibuat secara sederhana. Sehingga permasalahan itu bisa diselesaikan ditingkat masyarakat melalui teknologi tepat guna," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner