Tak Berkategori

Test Antigen Acak Temukan Satu Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Positif

apahabar.com, BALIKPAPAN – Satgas Covid-19 Kota Balikpapan mendapati satu orang penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad…

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BALIKPAPAN – Satgas Covid-19 Kota Balikpapan mendapati satu orang penumpang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan terkonfirmasi positif. Hal ini setelah dilakukannya pemeriksaan antigen secara acak kepada para penumpang yang datang pada Rabu (23/6).

“Sementara dari hasil antigen secara acak di airport dan pelabuhan, kami menemukan 1 kasus terkonfirmasi positif kemarin yang merupakan pekerja yang baru direkrut oleh salah satu prusahaan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty saat ditemui di Pemkot sore tadi (24/6).

Diketahui penumpang tersebut tiba di Balikpapan dari Pulau Jawa. Awalnya dokumen kesehatan yang dibawa penumpang tersebut memang menunjukkan dirinya negatif Covid-19, namun setelah dilakukan pemeriksaan antigen secara acak, rupanya ia terkonfirmasi positif.

“Untuk antigen dan GeNose sendiri negatif sebelum berangkat, nah bisa jadi setelah pemeriksaan penumpang itu mungkin masih ada waktu melakukan perjalanan sebelum berangkat dan tertular disana, atau memang sedang proses penularan sehingga tidak terdetek oleh antigen atau GeNose sebelum berangkat,” jelas wanita yang akrab disapa Dio ini.

Penumpang tersebut langsung ditindaklanjuti petugas dengan melakukan swab PCR. Rupanya hasil swab PCR juga menunjukkan terkonfirmasi positif. Alhasil penumpang tersebut kini menjalani isolasi di salah satu hotel di Balikpapan.

“Yang bersangkutan telah ditindaklanjuti dengan PCR dan PCR juga positif. Saat ini sedang menjalani isolasi di hotel yang sudah disiapkan oleh prusahaanya sendiri,” ungkapnya.

Dio mengatakan adanya penemuan kasus penumpang positif ini membuktikan bahwa Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang Kaltim harus waspada. Ia pun mengimbau kepada seluruh perusahaan yang mendatangkan pekerja dari luar daerah agar melakukan test PCR sebelum datang ke Balikpapan.

“Kami harapkan juga ini menjadi perhatian bagi prusahaan2 yang mendatangkan pekerja dari luar sebaiknya dilakukan tes PCR dari daerah asal,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner