Sport

Tenggat Transfer Januari di Eropa: Aubameyang ke Barcelona, Tottenham Cuci Gudang

apahabar.com, JAKARTA – Sejumlah kejutan mewarnai hari terakhir bursa transfer kedua Liga Eropa, Selasa (2/12). Salah…

Featured-Image
Pierre-Emerick Aubameyang bersama Presiden Barcelona, Joan Laporta, sebelum penandatanganan kontrak. Foto: Barca Centre

bakabar.com, JAKARTA – Sejumlah kejutan mewarnai hari terakhir bursa transfer kedua Liga Eropa, Selasa (2/12). Salah satunya terkait Pierre-Emerick Aubameyang dan aktivitas Tottenham Hotspur.

Status Pierre-Emerick Aubameyang paling menarik perhatian, karena memutuskan bergabung dengan Barcelona secara cuma-cuma.

Striker Timnas Gabon ini menyepakati pemutusan kontrak di Arsenal yang masih bersisa 18 bulan, sebelum teken kontrak sebagai pemain Barcelona.

Rencana ini sempat terancam batal, karena Arsenal dan Barcelona tidak mencapai kesepakatan soal pembayaran gaji sang pemain.

Aubameyang sendiri tersisih dari rencana pelatih Mikel Arteta, setelah dicopot dari jabatan kapten akibat tindakan indisipliner.

Selanjutnya bersama Barcelona, Aubameyang rela mendapatkan gaji yang lebih kecil dari 350 ribu poundsterling per pekan yang diterima dari Arsenal.

Di sisi lain, Barcelona kesulitan mendepak Ousmane Dembele, setelah Manchester United, Paris Saint-Germain dan Arsenal menolak semua opsi yang ditawarkan.

Cuci Gudang

Sementara Tottenham Hotspur melakukan cuci gudang. Mereka meminjamkan sejumlah pemain yang tak masuk rencana pelatih Antonio Conte.

Tanguy Ndombele yang notabene pembelian termahal Tottenham, dipulangkan ke Olympique Lyon dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Bryan Gil yang baru tiba Juni 2021, juga dipinjamkan Valencia. Demikian pula Giovani Lo Celso yang akhirnya ditampung Villarreal.

Selain dengan cara dipinjamkan, Tottenham melego Dele Alli ke Everton. Gelandang Timnas Inggris dilepas seharga 40 juta poundsterling.

Dele Alli menandatangani kontrak berdurasi 2,5 tahun dalam upaya memulihkan karier, setelah banyak menghangatkan bangku cadangan Tottenham beberapa musim terakhir.

Selain merekrut Dele Alli, Everton juga mencapai kesepakatan dengan Manchester United untuk peminjaman Donny van de Beek hingga akhir musim.

Untuk menggantikan pemain yang keluar, Tottenham Hotspur kemudian mendatangkan Rodrigo Bentancur dan Dejan Kulusevski dari Juventus.

Kulusevski tiba dengan status peminjaman berdurasi 18 bulan. Namun Tottenham tetap harus membayar mahar senilai 2,5 juta poundsterling dan 5,8 juta poundsterling musim berikutnya.

Sedangkan Bentancur direkrut Tottenham secara permanen. Untuk transfer ini, The Lilywhites membayar 15,8 juta poundsterling, disertai klausul bonus tambahan 5,7 juta poundsterling.

Juventus tak cuma ditinggal Rodrigo Bentancur dan Dejan Kulusevski. Mereka juga meminjamkan Aaron Ramsey ke Rangers, meski Burnley dan West Ham United sudah memberikan penawaran.

Newcastle United yang menjadi klub terkaya dunia seusai diakuisisi Saudi Arabia Public Investment Fund, juga bergerak di menit-menit akhir transfer kedua.

Mereka meminjam Matt Targett, serta merampungkan proses pembelian bek tengah Dan Burn dari Brighton & Hove Albion.

Targett dan Burn melengkapi daftar pemain anyar Newcastle di bursa transfer Januari 2022, menyusul kedatangan Kieran Trippier, Chris Wood dan Bruno Guimaraes.

Sebaliknya Manchester City yang tak terlalu aktif di bursa transfer, akhirnya meresmikan perekrutan Julian Alvarez dari River Plate.

Pemain Timnas Argentina itu dibeli seharga sekira 14 juta poundsterling. Namun City sepakat meminjamkan gelandang 22 tahun ini ke River Plate sampai Juni 2022.



Komentar
Banner
Banner