Piala AFF 2022

Tekuk Vietnam 1-0 di Leg 2, Thailand Juara Piala AFF 2022

Timnas Thailand berhasil meraih gelar juara Piala AFF 2022 usai menaklukan Vietnam dengan skor tipis 1-0 di leg kedua

Featured-Image
Thailand juara Piala AFF 2022 usai tekuk Vietnam 1-0 di leg 2 (Foto: Twitter @Changsuek_TH)

bakabar.com, JAKARTA –Timnas Thailand kembali menyabet gelar juara Piala AFF untuk ketiga kalinya setelah sukses membenamkan timnas Vietnam di leg kedua Piala AFF 2022.

Menjamu pasukan Golden Star Warriors di Thammasat Stadium, Senin (16/1), Thailand sukses membungkam sang tamu dengan skor tipis 1-0.

Satu-satunya gol yang tercipta di leg kedua pertandingan pamungkas tersebut dicetak oleh Theerathon Bunmathan di babak pertengahan babak pertama.

Dengan kemenangan tersebut, tim berjuluk Gajah Perang itu resmi dinobatkan sebagai juara Piala AFF 2022 usai unggul agregat 3-2 dari Vietnam.

Baca Juga: Rival Klub Baru CR7 di Liga Arab Saudi Ingin Datangkan Lionel Messi

Jalannya Pertandingan

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukung mereka, tim besutan Alexandre Polking itu langsung tancap gas membombardir pertahanan Vietnam.

Thailand langsung mendapatkan peluang ketika laga baru berjalan lima menit melalui penyerang Adisak Kraisorn. Namun sayangnya tembakannya masih melebar di samping gawang Vietnam.

Tak tinggal diam, pasukan Park Hang-seo mencoba tampil melawan. Vietnam berhasil beberapa kali menebar ancaman tapi masih belum berhasil membobol gawang Thailand.

Tim tuan rumah akhirnya berhasil unggul terlebih dulu di menit ke-24 lewat gol yang dilesahkan oleh sang kapten, Theerathon Bunmathan.

Melalui umpan pendek dari Adisak Kraisorn, Bunmathan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu ditepis oleh kiper Vietnam. Skor 1-0 berubah untuk keunggulan tim Gajah Perang.

Baca Juga: Liga 2 Setop, Hamka Hamzah: Alhamdulillah Bekasi FC Gaji Penuh Pemain

Tertinggal 1-0, Vietnam lantas berbenah meningkatkan tempo permainan mereka. Tiga menit berselang, Nguyen Tien Linh nyaris menyamakan kedudukan.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah menutup jalannya pertandingan.

Selepas turun minum, pasukan Park Hang-seo langsung tampil agresif untuk mencetak gol penyama kedudukan.

Sedangkan, tim tuan rumah yang sudah unggul lantas bermain lebih bertahan dan hanya memainkan umpan-umpan pendek.

Baca Juga: Nasibnya Belum Jelas, Anggota Exco Dukung Kontrak STY Diperpanjang

Di babak kedua ini, jalannya pertandingan berlangsung sangat sengit. Bola pun hanya berkutat di lini tengah permainan kedua tim sehingga tak ada peluang yang cukup berbahaya untuk keduanya.

Namun lima menit jelang waktu normal berakhir, Thailand kembali mengancam melalui tendangan bebas Theerathon. Namun, bola masih mengarah tepat ke pelukan sang kiper Dang Van Lam.

Dua menit jelang waktu berakhir, tim tuan rumah harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Peeradon Chamrasamee diusir keluar oleh wasit karena mendapatkan kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain nyatanya timnas Vietnam masih sangat kesulitan untuk menciptakan gol. Pertandingan pun akhirnya tuntas dengan skor 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Editor
Komentar
Banner
Banner