Olahraga

Tekuk Peseban Banjarmasin, Kotabaru Lolos ke Semifinal Liga 3 Kalsel

Satu tiket semifinal Liga 3 zona Kalimantan Selatan sudah berada dalam genggaman Kotabaru FC.

Featured-Image
Banjar Union membuka peluang ke semifinal Liga 3 zona Kalsel, setelah mengalahkan Persetala Tanah Laut di Lapangan Tambak Anyar, Rabu (20/12). Foto: Official Persetala

bakabar.com, BANJARMASIN - Tiket semifinal Liga 3 zona Kalimantan Selatan sudah berada dalam genggaman Kotabaru FC.

Keberhasilan Kotabaru dipastikan melalui kemenangan 3-2 atas Peseban Banjarmasin di Green Yakin Soccer Field, Rabu (20/12).

Ketiga gol Kotabaru dicetak Yanuar Baehaqi di menit 29, Bayu Mahardika menit 33 dan Abdul Aziz di menit 40.

Berbekal 6 poin, Kotabaru mengamankan peringkat kedua grup E di bawah PS Kabupaten Tapin, sekaligus memastikan diri ke semifinal.

Memang Peseban masih memiliki satu pertandingan terakhir melawan Tapin, Sabtu (23/12). Namun sekalipun mampu menang, Si Buaya Kuning tetap menjadi juru kunci grup E.

Belum diketahui lawan PS Kabupaten Tapin maupun Kotabaru di semifinal. Penyebabnya posisi juara dan runner up di grup D belum dapat disimpulkan.

Hal tersebut disebabkan kekalahan Persetala Tanah Laut dari Banjar Union dengan skor 1-2 di Lapangan Tambak Anyar, Rabu (20/12). Ahmah Hudori menjadi bintang kemenangan Banjar Union dengan mencetak brace.

Baca Juga: Persetala Gagal Menang di Kandang, Persaingan Enam Besar Liga 3 Kalsel Masih Ketat

Baca Juga: Jelang Babak Enam Besar, Kontestan Liga 3 Kalsel Bikin Kesepakatan

Kemenangan itu sekaligus membuka peluang Banjar Union ke semifinal. Mereka mengemas 4 poin, atau sama dengan perolehan Persetala di urutan kedua klasemen sementara.

Sedangkan Banjar Union masih berada di peringkat ketiga. Penyebabnya mereka kalah selisih gol, setelah takluk dengan skor 1-3 dari Persetala di putaran pertama enam besar.

Akan tetapi Persetala sendiri hanya bisa menunggu hasil pertandingan Banjar Union kontra Talenta Banua, Sabtu (23/12). Ini merupakan matchday penutup enam besar, selain Tapin melawan Peseban.

Seandainya berakhir imbang, otomatis Persetala gagal melangkah ke semifinal. Adapun Talenta Banua dipastikan lolos sebagai pemuncak grup dengan poin 6, diikuti Banjar Union di peringkat kedua.

Namun demikian, Banjar Union sudah jauh-jauh hari memastikan tidak mencari hasil imbang di pertandingan terakhir melawan Talenta Banua. Mereka menargetkan memenangi Derby Banjar ini.

"InsyaAllah kemenangan menjadi harga mati. Terlebih semua pemain dalam kondisi siap bertanding," tegas M Roghfirli, team manager Banjar Union.

Reward Juara 2022

Sekalipun gagal melangkah ke semifinal Liga 3 zona Kalsel, Persetala tetap berhak bermain di Liga 3 Nasional.

Ini merupakan reward dari penyetopan Liga 2 dan Liga 3 Nasional musim 2022/2023 oleh PSSI. Adapun penyetopan didasari keinginan sebagian besar peserta.

Kemudian belum semua klub memenuhi Perpol Nomor 10 Tahun 2022 dan Tim Transformasi Sepak Bola Indonesia sebagai buntut tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Lantas Persetala bersama beberapa klub lain yang menjuarai putaran provinsi sebelum kompetisi disetop, mendapat reward langsung masuk Liga 3 Nasional musim 2023-2024.

Persetala menjadi juara Liga 3 zona Kalsel 2022 setelah mengalahkan Kotabaru FC dengan skor 2-0 dalam final di Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, 30 Januari 2023 lalu.

Selain Persetala Tanah Laut, klub lain yang berhak bermain di Liga 3 Nasional musim 2023/2024 di antaranya Persimuba Musi Banyuasin, Serpong City FC, Persipasi Bekasi dan Perseden Denpasar.

Editor


Komentar
Banner
Banner