Sport

Persetala Menjadi Asa Terakhir Kalsel di Babak 80 Besar Liga 3 Nasional

Persetala Tanah Laut menjadi satu-satunya harapan Kalimantan Selatan di babak 80 besar Liga 3 Nasional musim 2023/2024.

Featured-Image
Persetala Tanah Laut memelihara asa di Liga 3 Nasional, seusai mengalahkan Persimuba, Senin (6/5). Foto: Persetala Official

bakabar.com, PASURUAN -Persetala Tanah Laut menjadi satu-satunya harapan Kalimantan Selatan di babak 80 besar Liga 3 Nasional musim 2023/2024.

Hal tersebut menyusul kemenangan Persetala atas Persimuba Banyuasin dengan skor 3-1 di matchday ketiga grup N, Senin (6/5).

Persetala membuka keunggula di menit 22 melalui gol Rivani yang memanfaatkan umpan tarik. Namun Persimuba menyamakan kedudukan via penalti Muhammad Gilang Ramadan di menit 32.

Untungnya sebelum turun minuma, tepatnya di menit 42, Persetala mengembalikan kenggulan berkat gol Muhammad Rizky Ramadani di menit 42.

Kemenangan perdana Persetala di babak 80 besar Liga 3 tersebut dikunci gol ketiga di menit 66. Persetala memetik keuntungan dari gol bunuh diri Anando Athan yang memantulkan tendangan Muhammad Rizky.

Hasil tersebut menempatkan Persetala di peringkat ketiga klasemen sementara dengan 4 poin. Mereka tertinggal 2 poin dari PS Belitung Timur (Beltim) di peringkat kedua.

Adapun Persekabpas Pasuruan menjadi pemuncak klasemen grup N dengan 9 poin. Diketahui hanya juara dan runner up grup yang berhak melangkah ke babak 32 besar.

Agar lolos dari babak 80 besar, Persetala harus mengalahkan Persekabpas di matchday terakhir, Rabu (8/5). Sedangkan PS Beltim yang hanya membutuhkan 1 poin, kalah dari Persimuba.

Sebaliknya langkah Talenta Banua Martapura harus terhenti. Mereka kalah dari PS Padang Panjang (PSPP) dalam pertandingan yang diwarnai 8 gol Stadion Dirgantara AR Saleh Malang, Senin (6/5).

Baca Juga: Hasil Drawing Liga 3 Nasional, Tengok Posisi Tiga Wakil Kalsel

Baca Juga: Lalui Adu Penalti, PS Kabupaten Tapin Juarai Liga 3 Zona Kalsel!

Syahrul Muhtaram membawa Talenta memimpin lebih dulu di menit 32. Akan tetapi mereka gagal mengantisipasi serangan balik PSPP di menit 42 yang berujung gol penyama dari Robyo Chandra.

PSPP berbalik unggul akibat gol bunuh diri M Kuswanto di menit 51, sebelum gol kedua Robyo Chandra di menit 58 membuat Talenta semakin tertinggal.

Gol tendangan bebas Reva Wirya Ilham di menit 63 membawa PSPP memimpin dengan skor 4-1, sebelum pemain yang sama mencetak brace di menit 74.

Setelah tertinggal 1-5, semangat Talenta tidak kendur. Dibuktikan dengan brace Syahrul Muhtaram melalui sundulan di menit 75.

Kemudian di menit 88, Ardiansyah memanfaatkan kemelut dalam kotak penalti dan membuat Talenta memperkecil skor menjadi 3-5.

Namun hingga pertandingan berakhir, Talenta tidak berhasil mencetak gol-gol berikutnya.

Hasil itu membuat Talenta Banua melorot satu peringkat di klasemen sementara grup P. Anak asuh Amir Yusuf Pohan ini menempati urutan keempat dengan 3 poin.

Dengan satu pertandingan sisa, kans menembus babak 32 besar sudah tertutup. Sekalipun mengalahkan NZR Sumbersari di matchday terakhir, Rabu (8/5), Talenta tidak akan bisa menggeser UHO MZF Kendari dari peringkat kedua.

Klub bernama panjang Universitas Halu Oleo Muhammad Zamrun Firihu itu mengemas 7 poin, setelah bermain imbang tanpa gol kontra Kalbar United, Senin (6/5).

Dengan demikian, Talenta mengikuti jejak PS Kabupaten Tapin yang dipastikan tersingkir sejak matchday ketiga grup B.

Juara Liga 3 zona Kalsel 2023 tersebut menelan tiga kekalahan berturut-turut dari Persipasi Bekasi 0-1, Morotai United 0-1 dan Tornado Pekanbaru 0-3.

Editor


Komentar
Banner
Banner