Hot Borneo

Tawon Vespa 'Segede Gaban' Dievakuasi Tim Rescue Damkar Palangka Raya

Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya melakukan evakuasi satu buah sarang tawon vespa seukuran baskom dari rumah warga

Featured-Image
Sarang tawon vespa berada di atas pohon rambutan milik warga di Jalan Putri Junjung Buih III Palangka Raya. Foto-Dok damkar

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya melakukan evakuasi satu buah sarang tawon vespa seukuran baskom dari rumah warga di Jalan Putri Junjung Buih II, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut pada Kamis (22/12) malam.

Keberadaan sarang tawon tersebut dilaporkan warga. Pelapor merasa resah, karena sarang tawon tersebut berada sangat dekat rumahnya dan dekat dengan tempat anak-anak bermain.

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, petugas Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya langsung menaiki tempat sarang tawon vespa yang berada di ketinggian 3 meter, di atas pohon rambutan milik warga.

Sebelum dievakuasi, sarang tawon vespa tersebut terlebih dahulu disemprot menggunakan cairan kimia untuk mengantisipasi kawanan tawon vespa menyerang secara tiba-tiba.

Kasi Operasi dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya, Sucipto mengatakan evakuasi sarang tawon vespa ini memang sengaja dilakukan saat malam hari agar meminimalisir amukan penyengat yang dikenal sangat berbahaya ini.

"Ukuran sarang tawon vespa yang dievakuasi ini cukup lumayan besar yakni sekitar 70 x 80 cm," katanya.

Setelah berhasil digevakuasi, sarang tawon vespa tersebut kemudian dimasukan ke dalam karung untuk di bawa ke lokasi yang jauh dari pemukiman, agar tidak membahayakan warga dan anak-anak saat beraktivitas.

Editor


Komentar
Banner
Banner